Persiapan Menjadi Freelance : Kerja Online dari Rumah

Dengan perkembangan teknologi digital dan semakin pesatnya perkembangan kecepatan Internet, maka semakin banyak kesempatan bagi kamu untuk dapat bekerja secara online dari rumah. Hal ini tentu saja mengundang banyak minat orang, karena kamu tidak perlu lagi berjuang menghadapi kemacetan di kota besar yang semakin hari semakin parah.

Sayangnya, bekerja online dari rumah tidaklah semudah yang kamu harapkan. Terdapat berbagai hal yang musti kamu persiapkan, perencanaan serta kematangan rencana yang kamu miliki sebelum akhirnya memutuskan untuk meninggalkan karir dan membuat bekerja online dari rumah. Kamu bisa menjalankan website, mulai dari mulai dari coding, mengembangkan bisnis atau menulis artikel seperti ini di rumah atau bahkan di coffee shop.

Lalu, apa yang kamu butuhkan? Tentu saja pertama kamu membutuhkan dana untuk membayar biaya bulanan. Kamu juga memerlukan perencanaan bisnis, finansial dan blog atau website bisnis dan juga rencana cadangan apabila kamu mengalami kegagalan.

Disini, mari kita beranggapan kamu sudah memiliki rencana untuk memiliki bisnis sendiri, tentunya kamu tidak ingin langsung berhenti dari pekerjaan tanpa memiliki rencana yang pasti, bukan?

Berikut ini adalah tips persiapan bekerja online dari rumah sebagai freelance :

 

Dana Cadangan dan Rekening Online

Dana Cadangan

Jika kamu memutuskan menjadi seorang freelance karena sudah lama menganggur, maka hal ini tidak terlalu penting. Namun jika kamu adalah seorang karyawan yang memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan menjadi seorang freelancer, maka kamu membutuhkan dana untuk membayar biaya bulanan seperti cicilan, tagihan bulanan, dsb yang biasanya kamu bayarkan menggunakan gaji bulanan.

Untuk itu, kamu membutuhkan pendapatan dari sumber lain (seperti orang tua atau pasangan) atau mempersiapkan tabungan sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Selain persediaan dana di rekening bank, kamu juga perlu membuat rekening baru yang terpisah dari rekening pribadi kamu untuk memisahkan dana pribadi dengan bisnis. Selain itu, kamu juga mungkin akan perlu membuat akun rekening online seperti PayPal untuk melakukan transaksi secara online.

 

Eksistensi Online

Hal lain yang perlu kamu perhatikan, adalah bahwa kamu membutuhkan eksistensi online yang dapat berupa Twitter atau Facebook page, sebuah blog atau website bisnis yang professional.

Jika kamu tidak memiliki resource atau tidak memiliki waktu untuk membuat website sendiri, gunakan blog gratis seperti Blogger atau WordPress.com. Selain blog, kamu juga bisa menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis online kamu. Facebook page adalah fasilitas promosi online yang bisa dengan mudah dibuat oleh siapa saja.

Apapun bentuk eksistensi online kamu, pastikan terlihat professional, lengkap dengan kejelasan layanan yang kamu berikan. Sertakan juga info contact yang lengkap dan professional dalam signature email, kartu nama bisnis atau kop surat.

 

Jangan Lupakan Business Plan

Business Plan

Meski terdengar sedikit membosankan, tapi sebuah business plan adalah hal penting yang harus kamu miliki. Perencanaan yang kamu buat tidak harus semata-mata berfokus pada pendapatan, namun lebih kepada rencana perkembangan yang ingin kamu buat, termasuk target pendapatan dan analisa market dimana bisnis kamu berkembang seiring waktu. Jangan lupa untuk menyertakan nama orang yang terlibat dalam bisnis, detil mengenai riset yang kamu lakukan dan detil layanan yang kamu tawarkan.

Memiliki sebuah business plan dapat membantu seorang freelancer menjadi lebih fokus dan merupakan sebuah tolak ukur, seperti review perkembangan personal yang kamu peroleh sejak kamu meninggalkan pekerjaan terakhir kamu.

Gunakan Microsoft Word, Enloop atau Plan Cruncher untuk membuat business plan.

 

Lanjutkan dengan Membuat Perencanaan Finansial

Financial Plan

Selain perencanaan bisnis, kamu juga membutuhkan perencanaan finansial. Dengan menentukan berapa besar pendapatan yang kamu rencanakan, akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan perkembangan bisnis yang akan kamu lakukan dan juga nantinya memudahkan kamu untuk menentukan perubahan dan melakukan penyesuaian dalam business plan untuk mencapai target tersebut.

Contohnya, jika kamu berencana menjadi seorang web developer freelance, maka kemungkinan sebagian besar waktu kamu akan dihabiskan untuk mengerjakan JavaScript dengan bayaran yang lumayan, sehingga ada baiknya kamu lebih memilih untuk mengerjakan coding JavaScript dibandingkan lainnya.

Sama halnya apabila kamu adalah seorang pembuat produk kerajinan tangan, dimana kamu akan menemukan bahwa menjual hasil karya sendiri ternyata lebih menguntungkan daripada hanya sebagai reseller. Tapi tentunya kamu juga harus sudah memiliki kemampuan ini agar bisa menjual produk berkualitas dengan harga yang tinggi.

Kamu bisa menggunakan Microsoft Excel atau Google Drive Spreadsheet untuk membuat financial plan.

 

Darimana Saya Akan Mendapat Uang?

Cara Mendapat Uang Online

Dari segi pendapatan, kamu harus memiliki rencana yang jelas darimana kamu akan memperoleh uang.

Sebagai permulaan bagi kamu yang masih bekerja di sebuah perusahaan, mulailah menjalankan usaha sampingan yang ingin kamu jalankan nantinya sambil mengembangkan network dan meningkatkan reputasi pribadi kamu.

Tentu saja, hal ini hanyalah sebagian kecil dari perencanaan perolehan pendapatan. Masih ada banyak cara lain untuk memperoleh pendapatan dari bisnis online, seperti menjalankan toko eBook untuk menjalankan afiliasi, atau review dan linking produk tertentu ke halaman web kamu. Meski hal ini mungkin mengalihkan kamu dari inti bisnis, namun kamu dapat membagikan konten tersebut melalui Twitter sehingga menjadikan website kamu lebih populer dan meningkatkan nilai sharibility. Tingkat kesuksesan di bidang ini tergantung dari cara kamu menyampaikannya, membuat konten yang kamu miliki menarik untuk dibagikan oleh orang lain melalui social media.

Sebagai catatan, link afiliasi tidak selalu sukses karena kamu harus mengatur iklan secara tepat dan mempromosikan konten yang benar. Hal ini membutuhkan waktu untuk berhasil dan kamu hanya harus bersabar dan terus belajar.

Cara lain untuk mendapatkan uang adalah melalui ads seperti Google AdSense atau menjual space iklan di website. Tentu saja hal ini bisa kamu jalankan dan baru akan terasa menguntungkan apabila jumlah pengunjung website kamu sudah tinggi.

 

Kantor di Rumah : Komputer dan Smartphone

Komputer dan Smartphone

Komputer adalah modal utama bagi seseorang untuk memulai dan menjalankan bisnis online. . Kamu bisa melakukan berbagai hal dan menyediakan banyak jasa dengan menggunakan komputer, mulai dari menulis, design, coding dan lainnya tergantung dari bidang apa yang kamu pilih.

Tablet atau smartphone yang memadai untuk membuka email setiap saat adalah benda yang wajib kamu miliki untuk memulai bisnis online, sehingga kamu dapat lebih mudah dihubungi oleh orang lain yang berminat untuk membeli produk/ jasa atau bekerja sama dengan kamu dari segi bisnis.

 

Kesimpulan

Freelance bukanlah pekerjaan mudah, wirausaha memiliki resiko, meski kamu adalah seorang ahli di sebuah bidang. Namun dengan persiapan, peralatan dan sikap yang tepat, kamu bisa berhasil.

Apakah kamu seorang freelancer? Apakah kamu seorang wirausaha online yang sukses? Silakan berbagi tips melalui kolom komentar dibawah.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...