Digital Footprints

Pengertian SSL Certificate dan Kegunaannya

Menjelajah Internet dapat membahayakan informasi pribadi jika kamu tidak berhati-hati. Informasi seperti data login hingga nomor kartu kredit, dapat dicuri oleh hacker.

Hacker kemudian bisa menjebol akun pribadi kamu seperti online banking, email dan social media. Tentunya hal ini berbahaya karena ada banyak data pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Sebagai pemilik website, penting untuk memberikan perlindungan kepada pengunjung website dari para hacker yang bertujuan mencuri informasi pribadi ini. Salah satunya adalah penggunaan SSL (Secure Socket Layer) certificate.

 

Apa itu SSL Certificate?

SSL Certificate adalah sertifikat digital yang dapat dibeli oleh organisasi atau perorangan, yang memberikan pengamanan koneksi antara web server dan browser.

SSL membentuk cryptographic key berupa informasi detil organisasi:

Sertifikat SSL menyimpan data pemilik sertifikat, nomor seri dan tanggal kedaluwarsa, salinan public key pemilik serfirikat, dan digital signature otoritas penerbit sertifikat tersebut.

Data-data ini mengotentikasi website dan memastikan pengunjungnya bahwa website yang dikunjungi adalah website yang kredibel dan aman.

Sebuah website yang memiliki SSL certificate akan memiliki alamat yang dimulai dengan HTTPS pada URL-nya, kombinasi dari HTTP dan SSL.

 

Apa Kegunaan SSL?

SSL certificates digunakan untuk menjaga koneksi antar server dan client, seperti web server dengan browser atau mail server dengan mail client, agar tetap aman dan privat.

SSL mengotentikasi identitas sebuah website dan mengenkripsi informasi menggunakan teknologi SSL.

Ketika sebuah informasi dikirimkan melalui web, data dikirimkan dari satu komputer ke yang lain. Hacker biasanya memanfaatkan proses ini untuk mencuri data tersebut.

Sertifikat SSL memastikan koneksi yang ter-enkripsi. Artinya, pengguna dapat memasukkan data personal seperti informasi kartu kredit kedalam sebuah website tanpa khawatir data tersebut dicuri oleh hacker atau cracker.

Siapa yang butuh SSL?

Online banking, social network tertentu, layanan email, dan website apapun yang membutuhkan perlindungan data terhadap pencurian yang tidak diinginkan perlu menggunakan SSL.

Baca Juga  Cara Bersihkan Jejak Digital untuk Menjaga Reputasi Online

Selain itu, penggunaan SSL pada sebuah website dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas, karena menunjukkan kepedulian akan keamanan data penggunanya.

Sertifikat SSL digunakan oleh Facebook, Gmail, Twitter dan WordPress, juga online banking seperti KlikBCA dan CIMB, serta masih banyak lagi, karena web tersebut berhubungan dengan informasi personal yang sensitif.

Kesimpulan

Sangat tidak disarankan untuk memberikan data pribadi kepada website yang tidak memiliki SSL certificate.

Jika kamu adalah pemilik website dan berurusan dengan data pribadi pengguna kamu, maka penggunaan SSL certificate sangatlah disarankan. Ini akan meningkatkan kredibilitas kamu.

 

 

Punya pengalaman dengan SSL certificate?

The following two tabs change content below.
Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...