Pengertian Crash Komputer

Crash komputer atau yang sering hanya disebut crash adalah suatu keadaan dimana sebuah komputer atau program, baik aplikasi atau bagian dari suatu sistem operasi berhenti berfungsi. Umumnya yang terjadi adalah program tersebut akan menutup atau keluar setelah mengalami error atau kesalahan.

Program yang mengalami kesalahan akan hang sampai layanan crash menampilkan informasi detil dari crash tersebut. Jika program yang mengalami crash adalah bagian penting dari kernel sistem operasi, maka seluruh komputer dapat mengalami crash. Crash berbeda dari hang dimana aplikasi atau sistem operasi terus berjalan namun tanpa ada respon yang jelas dari input.

Komputer Crash

Banyak Crash komputer merupakan hasil dari eksekusi instruksi mesin tunggal tetapi berlipat ganda. Penyebab khas adalah ketika program counter diatur ke alamat yang salah atau buffer overflow menimpa sebagian kode program karena bug sebelumnya. Dalam kedua kasus,umumnya prosesor mencoba untuk mengeksekusi data atau nilai memori acak. Karena semua nilai data adalah mungkin tetapi hanya beberapa nilai instruksi valid, sering mengakibatkan pengecualian instruksi ilegal. Secara kebetulan data atau nilai acak bisa berlaku (meskipun tidak direncanakan) instruksi. Sebagian mungkin mengatakan bahwa bug asli program “menyebabkan”crash (kecelakaan) itu, tapi kesalahan yang sebenarnya adalah instruksi ilegal beberapa waktu kemudian. Cara debug crash tersebut adalah menghubungkan penyebab sebenarnya dari crash tersebut (mudah ditentukan) dengan kode yang memicu rantai peristiwa. Hal ini sering sangat jauh dari jelas-bug asli biasanya kode yang valid sempurna dari perspektif prosesor.

Pada komputer pribadi, terjadinya crash di atas kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan hardware karena mencoba untuk menulis ke alamat perangkat keras di luar memori utama sistem. Kadang-kadang, eksekusi yang sewenang-wenang pada data sistem akan mengakibatkan pecahnya tampilan layar. Hal ini dapat dianggap sebagai sistem crash parah. Karena itu, penting untuk mengetahui pertanda komputer crash sebelum akhirnya menjadi parah dan mengalami kerusakan permanen.

Nah, itulah penjelasan secara singkat Pengertian Crash Komputer yang dapat menyebabkan BSOD (Blue Screen of Death).

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...