Mulai Menata Hidup di Usia 30-an dengan 9 Hal Ini

happy office

Setelah menikmati hidup di usia 20-an, sudah saatnya kamu mulai menata hidup ketika memasuki usia 20-akhir atau 30-an awal.

Berbeda dengan usia 20-an, usia 30-an adalah masa dimana kamu mulai memiliki tanggung jawab sebagai orang dewasa secara penuh. Sekarang adalah saatnya kamu menata hidup dan mempersiapkan masa depan kamu lebih baik.

Melewati masa di usia 20-an mengajarkan banyak pelajaran hidup yang penting untuk jadi pegangan kamu di usia 30-an. Apa saja sih? Berikut ini 9 Hal Penting untuk menata hidup di usia 30-an.

1. Menabung

Usia 20-an umumnya dihabiskan untuk menikmati beragam hal, terutama yang menghabiskan uang seperti makan di restoran sepulang kerja, belanja baju atau sepatu, hingga membeli gadget terbaru. Di usia 30-an, kamu harus lebih bijak dalam hal keuangan. Ini bukan berarti kamu tidak bisa lagi hangout bersama teman kantor, tapi kamu harus lebih mengatur pengeluaran dan memprioritaskan tabungan daripada belanja.

Beberapa poin berikut dapat kamu jadikan acuan untuk mengatur keuangan:

  • Jika kamu pengguna kartu kredit, prioritaskan untuk membayar tagihan sesegera mungkin. Usahakan untuk selalu melunasi tagihan bulanan dan hindari membayar jumlah minimum tagihan untuk mengurangi hutang.
  • Sisihkan sebagian dari gaji atau pendapatan kedalam tabungan yang hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat.
  • Meski membeli rumah adalah investasi yang menjanjikan, pastikan kamu mendapatkan harga yang sesuai dengan kemampuan, dengan bunga bank yang tidak mencekik. Kamu juga harus berhati-hati ketika membeli rumah agar tidak tertipu pengembang yang membawa kabur uang DP.
  • Jangan sembarangan menanam investasi ke dalam hal yang tidak kamu pahami. Berhati-hatilah agar tidak terjebak penipuan investasi hanya karena tergiur janji keuntungan yang tidak nyata.

Meski terdengar sepele, sangatlah penting untuk menabung. Jangan pernah menghabiskan pendapatan bulanan kamu. Jika setiap bulan kamu selalu merasa kurang dan malah berhutang kesana sini, mungkin gaya hidup kamulah yang perlu disesuaikan. Kalau kamu masih tinggal di kost atau kontrakan, coba cari yang harganya lebih cocok dengan pendapatan kamu. Kurangi makan di restoran setiap mahal dan mulailah memasak makanan sederhana.

2. Jaga kesehatan

Bukan hanya di usia 30-an, menjaga kesehatan sangatlah penting untuk dimulai sedini mungkin. Namun di usia 30-an, kamu harus lebih serius, apalagi jika kamu lalai menjaga kesehatan di usia 20-an. Konsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin adalah 2 hal utama yang harus kamu lakukan.

Semakin kamu menunda untuk menjaga kesehatan, maka semakin besar kamu terserang penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes atau darah tinggi.

3. Jaga komunikasi dengan teman

Semakin menua, umumnya lingkaran sosial kita akan semakin terbatas. Bagi yang belum menikah di usia 30-an, kamu akan melihat teman-teman sekolah atau kuliahmu sekarang sudah mulai berkeluarga dan memiliki kehidupannya masing-masing. Semakin sedikit waktu yang bisa diluangkan untuk hangout seperti dulu di usia 20-an.

Bagi yang sudah berkeluarga pun, tidak ada salahnya sesekali kamu hangout dengan teman. Ajak keluarga barumu untuk bertemu dengan temanmu. Meski mungkin sulit untuk mengatur waktu, berikan waktu dan tenaga untuk berusaha menjaga hubungan baik dengan teman, terutama teman dekatmu.

Komunikasi yang terjaga akan membuat kamu juga lebih mudah nantinya untuk terus berhubungan sehingga terhindar dari kesepian.

4.  Hindari bergaul dengan orang yang negatif

Orang yang berpikiran dan bertindak negatif hanya akan menyusahkan dirimu. Tipe orang seperti ini ada berbagai macam. Mulai dari tukang gosip, hingga yang dapat membawamu melakukan hal negatif. Dengan semakin menyempitnya lingkungan sosial di usia 30-an, kamu harus bisa menyaring orang-orang yang bisa merugikan hidupmu, dan menjauhi mereka.

Kamu sendiri bertanggung jawab akan hidup dan kebahagiaanmu. Jangan sampai orang negatif mengganggu kehidupan kamu dengan racunnya.

5. Berhenti membandingkan

Dengan adanya media sosial, kamu bisa dengan mudah mengintip perkembangan hidup temanmu. Kamu melihat ia mulai berkeluarga, memiliki rumah, liburan ke luar negeri, atau mendapatkan pekerjaan impiannya. Sangatlah mudah untuk melihat hal-hal tersebut dan membandingkannya dengan kehidupan kita sendiri.

Hentikan hal ini dan fokuslah pada diri sendiri daripada sibuk mengintip hidup orang lain.

 

6. Pahamilah bahwa kamu tidak dapat memiliki semua dalam waktu bersamaan

Di usia 20-an, kita memiliki banyak mimpi dan ambisi. Dengan usia yang masih muda, kita percaya kita dapat meraih segalanya. Namun memasuki usia 30-an dan melihat 10 tahun ke belakang kamu mungkin merasa tidak dapat meraih mimpimu.

Jangan bersedih. Kamu hanya perlu fokus dan merencanakan langkahmu lebih matang. Di usia 20-an kita mungkin sangat bersemangat untuk berhasil dengan cepat hingga ingin mencoba semuanya. Kini di usia yang lebih matang, kamu harus bisa memilih dan menentukan jalan mana yang kamu inginkan terlebih dahulu?

7. Terus belajar dan jangan takut untuk terus berkembang

Pengalaman adalah guru terbaik. Hidup adalah sekolah yang terpenting. Setiap pengalaman kamu hingga saat ini, harus bisa kamu tarik sebagai pelajaran dan dijadikan bahan untuk pengembangan diri. Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, berubah atau berkembang.

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah atau sekadar belajar alat musik yang tidak pernah sempat kamu pelajari, sekarang adalah saatnya.

8. Nikmatilah usia 30-an kamu

Akhirnya, yang terpenting adalah untuk menikmati setiap waktu yang kamu jalani mulai dari sekarang. Ya, usia 30 adalah dimana kamu bertanggung jawab penuh akan dirimu, dan bahkan untuk orang lain. Setiap pilihan yang kamu tentukan akan berpengaruh dalam banyak aspek hidupmu.

Harus bayar pajak. Jangan menumpuk hutang. Menabung. Jaga kesehatan.

Beban tanggung jawab terasa lebih daripada ketika kamu di usia 20-an.  Meski begitu, kamu harus tetap menikmati kedewasaan ini. Jangan sampai malah terbeban dan menjadi tertekan karena tanggung jawab yang kamu miliki. Nikmatilah kebebasanmu di usia 30-an dan pastikan kamu memilih pilihan yang bijak.

 

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...