Mengenal Search Marketing

Search Marketing adalah proses memperoleh traffic atau pengunjung website melalui search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya melalui optimasi dan advertising (iklan). Umumnya saat ini praktek yang digunakan mencakup Search Engine Optimization (SEO) atau Pay Per Click (PPC).

Optimasi dan advertising untuk search engine marketing bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website atau bisnis online di halaman pencarian search engine, atau yang lebih dikenal dengan istilah SERP (Search Engine Result Page).

Konsep dibalik Search Engine Marketing  (SEM) sebenarnya sangat sederhana, yaitu dimana ketika seseorang mencari sesuatu melalui internet menggunakan search engine, maka ini adalah kesempatan untuk memberikan informasi tersebut kepada yang membutuhkannya.

Hal ini menandakan orang tersebut sedang membutuhkan atau mencari informasi, yang biasanya bertujuan untuk . Para pelaku di bidang marketing memahami bahwa perilaku menandakan orang tersebut berada dalam proses consumer journey, dan merupakan calon pembeli yang potensial. Hal ini menjadikan search engine sebagai channel yang tepat untuk memperoleh calon customer yang tepat dan sesuai dengan target market Anda, baik yang berasal dari hasil pencarian “organic” (natural search) maupun paid search.

 

Memahami Anatomi Search Engine Result Page

Untuk mulai memahami search marketing, ada baiknya Anda juga memahami konten yang ada di SERP Google. Sebagai contoh, berikut ini adalah tampilan SERP Google pada umumnya:

Anatomy of a search result page

Paid search adalah listing atau hasil pencarian yang muncul dari campaign iklan (PPC) yang dijalankan oleh website tersebut agar muncul di SERP. Natural search adalah hasil pencarian yang menurut search engine (Google) sebagai hasil yang paling relevan kepada si pencari berdasarkan algoritma dan perhitungan Google.

Baca juga: Cara Kerja Search Engine

 

Untuk meningkatkan hasil yang diperoleh dari para pencari yang tertarget dan sesuai dengan market Anda, maka Anda harus memahami metode yang tepat agar dapat menggunakan SEM paid dan organic secara efektif. Search Engine Marketing adalah unik dan berbeda dibanding campaign online lainnya.

Search engine marketing adalah metode pemasaran yang tidak memaksakan konten kepada target. Sebagian besar metode marketing online dan offline menggunakan cara yang mengganggu aktivitas calon pelanggan, atau memaksakan konten kepada target market Anda. Search adalah unik karena dapat menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna saat pencarian dilakukan.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan metode periklanan lainnya karena traffic yang datang dari search memang berasal dari kebutuhan mereka dalam mencari informasi. Artinya, pengunjung yang datang dari search tidak hanya memilih website Anda diantara lisiting, namun juga menggunakan search query tertentu yang memunculkan website Anda di SERP.

Search Engine Marketing “Organic” menggunakan kombinasi antara optimasi teknologi, kemudahan pengguna, copy/ content dan PR online. Search engine menggunakan algoritma yang menilai relevansi antara konten pada sebuah halaman web, ditambah dengan kombinasi elemen lainnya seperti link dan perilaku penggunanya. Traffic organic dinilai tinggi dibandingkan paid karena setiap traffic yang datang dari hasil listing natural adalah gratis, dimana pada Paid Search, si pemilik website harus membayar setiap kali ada pengunjung yang datang melalui iklan tersebut (Pay Per Click).

Pada tahun-tahun awal search engine, traffic organic dapat dengan mudah diperoleh sebuah website. Namun dengan berjalannya waktu, semakin banyak halaman website yang diindex oleh robot search engine.

Sebagian pihak menggunakan ‘trik’ tertentu untuk berusaha meningkatkan ranking natural di SERP Google, namun hal ini sangat tidak disarankan karena dapat berakibat negatif dan kemungkinan akan mengalami penalti karena search engine akan menghukum berbagai usaha manipultif yang bertujuan untuk meningkatkan ranking secara paksa. Meski begitu, Anda tetap dapat menjalankan praktek SEO yang tepat dan sesuai dengan aturan main search engine. Sejumlah usaha optimasi yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan ranking website harus berhubungan dengan peningkatan kualitas website Anda, seperti design website, format HTML, optimasi teknis dan copy serta memastikan setiap halaman yang ada di website Anda berguna dan memiliki makna bagi search engine dan target audience Anda.

Baca juga: 3 Pondasi Strategi SEO Tahun 2014

 

Banyak pelaku marketing juga membandingkan SEO dengan public relation karena PR atau humas sangat penting bagi sebuah perusahaan, namun terkadang sulit untuk mengukur ROI dari sebuah usaha PR. Dalam menjalankan SEO dan PR, Anda bisa memilih antara menjalankannya secara in-house atau menyewa jasa agency/ konsultan. Pilihan ini juga bisa berlaku untuk Paid Search, terutama jika Anda menjalankan perusahaan besar yang membutuhkan optimasi campaign dan bid management yang optimal.

Search marketing terbukti sebagai bagian penting dalam campaign marketing perusahaan secara keseluruhan. Anda dapat mencapai target market dengan menyediakan jawaban yang dibutuhkan dalam setiap tahap consumer journey: Discovery, Consideration dan Decision.

 

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...