Matt Cutts : Guest Blogging Sudah Mati

Google dan Matt Cutts telah membuat sejumlah pernyataan mengenai guest blogging selama beberapa tahun terakhir sebagai taktik yang berkembang menjadi taktik link building.

Berbagai pernyataan tersebut masih ambigu hingga Matt Cutts menuliskan pernyataan tertulis melalui blog resminya.

Guest Blogging Matt Cutts

Matt Cutts, kepala tim webspam Google menyatakan bahwa guest blogging akan mulai meredup di mata Google.

Postingan Matt Cutss mengenai Guest Blogging diawali sebagai berikut :

Okay, I’m calling it: if you’re using guest blogging as a way to gain links in 2014, you should probably stop. Why? Because over time it’s become a more and more spammy practice, and if you’re doing a lot of guest blogging then you’re hanging out with really bad company.

So stick a fork in it: guest blogging is done; it’s just gotten too spammy. In general I wouldn’t recommend accepting a guest blog post unless you are willing to vouch for someone personally or know them well. Likewise, I wouldn’t recommend relying on guest posting, guest blogging sites, or guest blogging SEO as a linkbuilding strategy.

Kira-kira seperti ini kalau diterjemahkan :

Oke, cukup sudah : jika Anda menggunakan guest blogging sebagai cara untuk mendapatkan link pada tahun 2014, Anda mungkin harus berhenti. Mengapa? Karena dari waktu ke waktu itu menjadi praktek spam dan jika Anda melakukan banyak guest blogging maka Anda bergaul dengan perusahaan yang benar-benar buruk.

Setelah berbagi contoh ajakan guest blogging yang dianggapnya sebagai pelanggaran panduan Google, Cutts mengatakan guest blogging mati sebagai taktik linkbuilding :

Akhiri praktek ini : guest blogging sudah berakhir ; hal ini menjadi spam yang berlebihan. Secara umum, saya tidak merekomendasikan untuk menerima post guest blog kecuali Anda benar-benar percaya orang tersebut atau mengenalnyanya secara pribadi. Demikian juga, saya tidak akan merekomendasikan mengandalkan guest blogging, situs guest blogging, atau guest blogging SEO sebagai strategi linkbuilding.

 

Sejarah Singkat Google & Peringatan Guest Blogging

Ini bukanlah pertama kalinya Google atau Matt Cutts membahas resiko guest blogging. Namun pernyataan terakhir ini memang yang paling menegaskan pelarangan Google untuk praktek macam ini.

Dari perkembangan ini, muncul pertanyaan : apakah Google merencakan update algoritma yang bakal mempengaruhi praktek guest blogging dengan adanya peringatan ini?

Tentu saja, masih ada banyak alasan lain untuk melakukan praktek guest blogging, seperti exposure, branding, meningkatkan reach, komunitas dan sebagainya. Berbagai alasan tersebut sudah ada sebelum Google muncul dan akan tetap ada di masa mendatang. Tentunya juga memang ada banyak blogger yang berkualitas di luar sana. Maka dari itu, sepertinya peringatan untuk guest blogging ini lebih berlaku kepada praktek guest blogging dengan tujuan SEO yang seringkali malah disalahgunakan.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...