limit karakter twitter

Limit Karakter Twitter Diperpanjang

Twitter yang terkenal dengan limit 140 karakter kini memperpanjang batasan tersebut. Pengguna Twitter kini dapat mengirimkan tweet sepanjang 280 karakter, 2x lipat dari sebelumnya.

Update ini sebelumnya sudah dilakukan uji coba sejak bulan September 2017 di sejumlah negara untuk melihat bagaimana penerimaannya di masyarakat. Bisa dibilang hal ini cocok dengan kebutuhan penggunanya, karena akhirnya Twitter melakukan update resmi untuk semua penggunanya.

Pembatasan karakter Twitter awal, yaitu 140 karakter, adalah agar tweet dapat muat dalam pesan SMS yang memiliki limit 160 karakter, kemudian sisa 20 karakter disediakan untuk username. Tentu saja ini adalah salah satu strategi Twitter dari sisi user experience, dimana saat dirilis tahun 2006, SMS masih merupakan fitur yang sering digunakan.

Uniknya, penggunaan karakter rata-rata pengguna Twitter pun berbeda untuk tiap bahasa. Melalui blog resmi Twitter, disebutkan tweet dalam bahasa Inggris rata-rata membutuhkan karakter yang lebih banyak daripada pengguna Twitter dalam bahasa Jepang.
grafik limit karakter twitter

 

Disebutkan bahwa meski ada sebagian pengguna yang merasa memiliki keterikatan emosional dengan pembatasan 140 karakter ciri khas Twitter, namun pihak Twitter sudah yakin akan keputusan ini yang dinilai akan meningkatkan user experience guna memastikan Twitter tetap menjadi platform micro-blogging yang menjadi pilihan pengguna Internet.

Meski Instagram saat ini sedang menjadi social media platform yang paling populer, dengan jumlah pengguna yang meningkat tajam, Twitter masih tetap coba bertahan. Ini sepertinya menjadi salah satu effort dari Twitter untuk tetap berinovasi.

Namun apakah ini akan cukup bagi Twitter? Kita lihat saja.

 

The following two tabs change content below.
Baca Juga  Facebook Beli WhatsApp Seharga Rp 209 Triliun!
Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...