Layanan Blogging Gratis Selain WordPress dan Blogger

2 pemain besar platform blogging adalah WordPress dan Blogger (Google). Meski keduanya telah memiliki reputasi yang baik dan basis pengguna yang besar, masih ada banyak layanan blogging gratis lain untuk kamu yang merasa ingin menggunakan platform yang berbeda.

Sekarang ini, para blogger memiliki gaya yang berbeda-beda, mulai dari hanya menulis artikel, hingga posting kreatif lain seperti video atau image. Pengen tau blogging platform alternatif selain WordPress dan Blogger? Berikut ini daftarnya :

 

Tumblr

Tumblr

Tumblr (juga dikenal dengan nama Tumble log) dikenal sebagai layanan blogging yang unggul di 2 bidang, yaitu photo-blogging dan komunitasnya yang aktif.

Komunitas Tumblr berkisar antara follow, like dan reblog. ‘Like’ yang kamu berikan pada sebuah post akan muncul di bawah post tersebut (mirip dengan Facebook). Reblogging juga akan muncul di bawah post, dengan tambahan post tersebut akan diposting pada Tumblr kamu.

Kamu dapat import post dari berbagai situs seperti Twitter, RSS feeds, bahkan AOL Instant Messenger.

 

Posterous

Posterous

Posterous adalah layanan ‘microblogging’ seperti Tumblr. Kamu bisa posting gambar, teks, video dan audio. Seperti Tumblr, kamu juga bisa mengubah theme namun tidak ada fitur Reblog seperti Tumblr. Post dapat di-import dari berbagai layanan dan juga dapat dipromosikan melalui Facebook dan Twitter.

Cara termudah untuk membuat posting dan membuat akun Posterous adalah dengan mengirimkan email ke post@posterous.com.

 

Twitter

Twitter

Banyak yang mungkin tidak menganggap Twitter sebagai layanan “blogging”. Namun sebenarnya, Twitter adalah layanan “microblogging” yang cocok bagi kamu dengan kemampuan menuliskan hal yang menarik hanya menggunakan 140 karakter saja.

Salah satu alasan suksesnya Twitter adalah kamu tidak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu untuk tetap update. Kamu bisa membuka profil untuk umum dan membiarkan orang membaca post kamu seperti blog pada umumnya.

 

Xanga

Xanga

Xanga merupakan salah satu layanan blog yang sudah cukup lama dan populer. Meski pernah populer, Xanga sepertinya kalah bersaing dengan layanan blogging lainnya.

 

Weebly

Weebly

Weebly adalah layanan blogging dan website. Kamu dapat memiliki akun secara gratis dan bebas iklan. Kamu bisa melakukan upgrade dengan tarif tertentu untuk mendapatkan berbagai fitur yang membuat website tampil lebih profesional.

Salah satu kelebihan Weebly adalah kemampuannya untuk dikostumisasi oleh pengguna. Hal ini juga mungkin yang menjadi alasan kurangnya peminat Weebly, yaitu karena kerumitannya dibanding layanan blogging lainnya. Karenanya, Weebly mungkin lebih cocok buat kamu yang lebih mengerti coding dan siap memberikan waktu lebih untuk mengelola blog.

 

Lalu, apakah layanan blogging terbaik selain WordPress dan Blogger? Jawabannya tergantung dari kebutuhan dan selera masing-masing. Namun setidaknya 5 layanan diatas bisa menjadi pilhan kamu.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...