Langkah-langkah Belajar SEO untuk Pemula

Ada pepatah: Pengalaman adalah guru terbaik. Hal ini memang benar, karena kamu akan belajar banyak dengan melakukan. Buat kamu yang ingin atau sedang belajar SEO, terdapat banyak website panduan SEO yang tersedia di Internet. Kamu bisa mulai baca dan melakukan berbagai langkah yang ada. Nah, di artikel ini saya mencoba memberikan sebuah checklist langkah-langkah belajar SEO untuk pemula yang bisa kamu jadikan referensi.

 

Belajar membuat website

Coding Website Sederhana dengan Notepad++

 

Sebelum masuk ke detail teknis SEO, penting bagi kamu untuk mengetahui teknik web development dasar. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan skill web development yang diperlukan untuk menjadi seorang SEO:

  • Belajar membuat coding website basic tanpa menggunakan editor WYSIWYG. Jangan takut untuk belajar coding secara sederhana. Tidak perlu membuat website yang terlihat bagus dan jangan memperhatikan teknis SEO terlebih dahulu, yang penting adalah kamu memahami codingnya.
  • Buat website yang memiliki:
    • CSS, tanpa table
    • Homepage dengan 3 paragraph mengenai kamu
    • 3 halaman: Homepage, Contact dan Portfolio
  • Pilih keyword. Pilih keyword yang tidak kompetitif. Ini hal penting, karena kata atau kalimat yang kamu pilih akan menjadi fokus utama SEO yang kamu jalankan. Mudahnya? Gunakan nama kamu sebagai fokus keyword. Buka Google dan search nama kamu. Jika kompetisinya ringan, gunakan nama kamu atau jika ternyata nama kamu pasaran (yang artinya kompetisinya berat), coba gunakan kombinasi nama dengan nickname kamu misalnya.
  • Daftarkan nama domain dan cari hosting. Proses ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan layanan seperti Qwords.com. Kamu bisa memilih paket hosting yang murah dan pastikan layanan hosting kamu tidak memiliki ads fix didalam website yang tidak bisa kamu hapus, karena ini bakal mengurangi nilai website kamu di mata search engine. Untuk nama domain, kamu bisa gunakan keyword yang ditentukan diatas. Misalnya: mulaniari.com. Jika ternyata nama domain yang sesuai dengan keyword tidak tersedia, ada baiknya kamu mengubah keyword utama kamu.
  • Upload file website ke hosting yang sudah kamu beli. Cara termudah adalah dengan menggunakan FTP. Kamu bisa menanyakan detail prosedur ke layanan hosting yang kamu gunakan.
  • Daftar Google Analytics dan lakukan verifikasi website. Tool gratis ini memungkinkan kamu untuk track pengunjung website kamu. Cara instalasi disediakan oleh Google.
  • Tunggu seminggu dan coba cari keyword kamu di Google. Kamu juga bisa menggunakan tool rank checker seperti CuteRank. Tidak masalah jika website kamu belum muncul, tunggu lagi beberapa hari. Jika kamu berhasil menemukan website kamu di Google (bahkan jika bukan di halaman pertama), dokumentasikan ranking website kamu di minggu pertama menggunakan Excel. Kamu juga bisa mendata ranking website kamu di search engine lain seperti Yahoo atau Bing.
  • Tunggu 2 minggu hingga search engine menemukan website kamu dan Google Analytic selesai mengumpulkan data.

 

Belajar SEO dan implementasikan di website

Nah, sekarang waktunya untuk belajar teknik dasar SEO dan mengimplementasikannya di website kesayangan kamu. Hal ini bakal membantu kamu melihat bagaimana SEO membantu ranking website kamu.

  • Baca berbagai sumber SEO yang terpercaya, mulai dari blog Google atau website lain seperti searchenginejournal.com yang memberikan berbagai informasi mengenai SEO.
  • Daftar Google Webmaster Tools, verifikasi dan baca panduannya. Tools ini memberikan informasi bagaimana Googlebot melihat website kamu dan memberikan informasi jika ada masalah SEO di website kamu. Pastikan kamu terbiasa menggunakan tool ini.
  • Buat dan implementasikan file robots.txt dan sitemap.xml. Meski tidak terlalu penting untuk website kecil, tapi pastikan kamu juga terbiasa dengan kedua file ini.
  • Aplikasikan pengetahuan kamu. Mulai dari optimasi Title Tag, URL, Anchor text, struktur HTML dan penggunaan keyword. Ini adalah hal penting dalam praktek SEO.
  • Link build. Tambahkan link ke social media, meski hal ini tidak penting bagi website kecil yang kamu buat.
  • Periksa Google Analytic. Setelah website berjalan sebulan, kamu akan mendapat berbagai data menarik dari Google Analytic. Gunakan data ini untuk belajar analytic, mulai dari membaca data hingga membuat custom reporting dan menentukan strategi yang sesuai untuk website.
  • Update file Excel. Pastikan kamu melakukan dokumentasi perkembangan ranking keyword website kamu di Excel secara berkala. Update bisa dilakukan secara mingguan atau bulanan, tergantung keinginan dan kebutuhan kamu. Disini, kamu bisa melihat hasil dari teknik yang kamu gunakan terhadap ranking website.
  • Lakukan uji teknik SEO dan dokumentasikan hasilnya. Kamu bisa mencoba teknik SEO dan mengaplikasikannya ke website kamu, kemudian mendokumentasikan hasilnya. Hasil yang bagus tentunya akan menjadi nilai tambah bagi kamu untuk membangun sebuah strategi SEO yang solid.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, kamu akan siap untuk menjadi seorang praktisi SEO yang baik. Yang terpenting adalah untuk terus mengembangkan skill SEO kamu dan jangan pernah berhenti belajar.

 

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...