Kelola External Link WordPress untuk Tingkatkan Kualitas Blog

Seringkali, kita menilai seseorang secara umum dari kegemarannya atau pergaulannya. Internet pun tampaknya melakukan hal yang sama. Google menggunakan reputasi untuk menilai website berdasarkan linking. Karena itulah, kamu harus membentuk struktur link dengan teliti agar Googlebot menerima pesan yang ingin kamu sampaikan mengenai website kamu, serta kualitas hasil kerja kamu.

Bagi kamu pengguna WordPress, tersedia plugin yang membantu kamu dalam hal ini, yaitu WP External Links. Plugin ini membantu kamu untuk mengatur kualitas linking yang kamu miliki. Lakukan pengelolaan external link WordPress kamu sehingga kualitas blog atau website kamu meningkat, yang nantinya berpengaruh kepada GoogleBot.

 

Linking ke Sumber Terpercaya

Kualitas sebuah website bergantung pada kualitas penulisan atau konten lain yang terdapat didalamnya. Kualitas penulisan bergantung pada kualitas riset yang dilakukan si penulis pada topik tertentu, atau kualitas keahlian mereka sendiri. Jika seorang penulis hanya memberikan referensi yang kurang memiliki kredibilitas, maka akan mempengaruhi website penulis tersebut. Website berkualitas hanya membuat klaim berdasarkan riset atau berdasarkan pernyataan website yang memiliki kredibilitas tinggi. Google akan memberikan authority lebih kepada website yang membentuk backlinknya dengan seksama dan melalui Webmaster Tools, Google menuliskan panduan untuk membangun backlink :

“Jika Anda tidak dapat atau tidak ingin menjamin untuk konten halaman Anda tautkan dari situs Anda – misalnya, dipercaya pengguna komentar atau pesan di buku tamu – Anda harus nofollow link tersebut. Hal ini dapat mencegah spammer dari penargetan situs Anda, dan akan membantu menjaga situs Anda secara tidak sengaja melewati PageRank untuk lingkungan yang buruk di web”

Reputasi Website

Google memang tidak secara gambling menyatakan caranya untuk menentukan ranking sebuah website, namun secara garis besar dapat dipahami bahwa Google menilai website atau blog kamu dengan melihat ‘pergaulannya’.  Jika kamu memberikan backlink ke website yang terpercaya dan memiliki kredibilitas, maka hal ini mencerminkan kredibilitas kamu dan kualitas tulisan yang kamu buat. Namun jika referensi kamu kebanyakan adalah website atau blog yang dibuat oleh orang yang belum memiliki kredibilitas atau reputasi yang cukup baik, maka search engine juga akan menilai kamu sendiri tidak memiliki kredibilitas sehinggar blog kamu juga akan memiliki ranking rendah di mata Google.

Reputasi adalah segalanya di Internet. Jika kamu baru membuat blog, cobalah link ke website dan sumber yang terpercaya. Namun jika blog atau website kamu sudah cukup berumur namun tidak menjalankan peraturan ini, maka kamu bisa menggunakan WP External Link untuk memperbaikinya.

 

Perbaiki Pola External Linking

External Link

Setelah kamu install WP External Link di blog WordPress, kamu bisa lakukan pengaturan untuk mengendalikan semua external link di website kamu dengan cara tertentu. Kamu dapat dengan mudah membuka semua external link di satu tab dan kamu akan menemukan kolom bertuliskan “Ignore links (URL) containing…”, yang memungkinkan kamu untuk menuliskan semua website yang kamu rasa dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas tinggi untuk niche blog kamu. Pisahkan setiap link dengan tombol Enter dan pastikan kamu menuliskan semua website yang kamu link dan paling sering digunakan sebagai referensi penulisan artikel. Daftar website ini akan terus bertambah, dimana akan kamu tambahkan setiap kali kamu menuliskan artikel dengan referensi terpercaya yang belum ada di daftar. Dengan begini, Google akan melihat kamu memiliki banyak link ke website yang terpercaya. Selain itu, kamu juga bisa mengatur link menjadi “nofollow”, “external” atau keduanya.

External Link

 

Atur Struktur External Link

Setelah plugin di-enable, pastikan kamu membuka page source beberapa halaman website atau blog kamu untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan keinginan kamu. Contohnya halaman berikut dengan internal link yang tidak memiliki tag “nofollow” sedangkan link ke halaman FBI.gov terdapat “nofollow”.

External Link

Hal ini tidak bagus karena kamu menutup jalan untuk memberikan referensi ke halaman website dengan kredibilitas tinggi. Lakukan struktur ulang website untuk memperbaiki berbagai linking ini dan secara perlahan kamu akan melihat kenaikan traffic.

External Link

Struktur linking internal dan external adalah hal penting yang harus kamu perhatikan. Link mewakili kualitas penulisan kamu, reputasi dan kredibilitas sebagai sumber informasi di Internet. Karenanya, kamu perlu memikirkan struktur link yang ingin kamu buat untuk membangun reputasi blog atau website yang kamu inginkan. Plugin ini juga sangat membantu dalam link iklan atau link berbayar lainnya. Google meminta para webmaster untuk menggunakan “nofollow” untuk link semacam itu. Jika kamu peduli dengan kualitas link yang ada di website atau blog kamu, gunakan plugin ini dan lakukan pengaturan yang tepat untuk benar-benar dapat menerima keuntungan karena linking ke sumber terpercaya sangat mempengaruhi penilaian Google terhadap website atau blog kamu.

Selain meningkatkan kualitas website, hal ini akan secara otomatis meningkatkan ranking website kamu dan juga konten informasi yang ada di Internet.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...