Google vs Rap Genius

Google Menghukum Spammer Backlink Rap Genius

Google sekali lagi telah menunjukkan kuasanya di jagat Internet. Setidaknya hal ini dirasakan langsung oleh Rap Genius. Rap Genius adalah website penyedia lirik lagu yang memungkinkan penggunanya untuk mencari lirik lagu dan melakukan diskusi mengenai makna lagu dengan pengguna lainnya. Belum lama ini, Rap Genius mencoba melanggar aturan dan mengajak blogger untuk bergabung dalam skema afiliasi, dimana jika blogger memberikan backlink ke liputan album Justin Bieber yang ada di Rap Genius, maka Rap Genius akan mempromosikan blog tersebut melalui social media.

Rap Genius Link Spam Scheme

Hal ini ternyata tidak disetujui oleh Google. Detil cara kerja Google memang tidak diketahui oleh umum dan dijaga sangat ketat, namun backlink memang berpengaruh. Semakin banyak backlink, maka website akan menjadi semakin besar dan ranking hasil pencarian juga akan semakin tinggi.

Rap Genius Search Result

Maka ketika Google menemukan bukti nyata rencana untuk menaikkan jumlah backlink, Rap Genius langsung di-blacklist. Sekarang, Rap Genius tidak berada di halaman pertama maupun kedua, karena Rap Genius berada di halaman 7 hasil pencarian Google. Bagi Google dan semua yang menggunakan Google, Rap Genius sudah mati. Rap Genius dijadikan sebagai spammer backlink yang melanggar peraturan Google.

Traffic Rap Genius langsung menurun secara signifikan dan melalui Twitter, banyak penggunanya yang menanyakan kenapa website tersebut dihapus dari Internet.

Salah satu blogger, John Marbach, memberikan jawaban kepada pertanyaan tersebut. Kepada blogger ini, Mahbod Moghadam, salah satu co-founder Rap Genius menyampaikan pernyataan bahwa Rap Genius akan mempromosikan blog John melalui social media apabila ia membuat posting berisi lirik Justin Bieber yang di-backlink ke website Rap Genius. Hal ini dilakukan atas dasar pemikiran bahwa semakin banyak backlink, maka website tersebut akan semakin populer di mata search engine.

Baca Juga  Update Google Payday Loan 2.0

John Marbach menyadari hal ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan ranking di Google dan search engine lainnya dan mempublikasikan rencana ini melalui blognya.

Posting blog ini ternyata diketahui oleh Matt Cutts, kepala dari tim Google Webspam dan memutuskan bahwa hal ini melanggar kebijakan Google dan kemudian menghukum Rap Genius.

Menyadari kesalahannya, para pendiri Rap Genius menyampaikan surat terbuka untuk meminta maaf kepada Google dan menyatakan mereka tidak menyadari hal ini melanggar kebijakan Google.

Selain itu, Rap Genius juga menawarkan bantuan kepada Google dengan melakukan penyelidikan kepada kompetitornya, karena mereka yakin banyak yang menggunakan berbagai cara yang tidak sesuai dengan kebijakan Google.

Tim Rap Genius sekarang mengandalkan penggunaan publikasi media yang muncul karena pemberitaan buruk ini dan juga membangun basis pengguna mereka dengan mengupayakan peningkatan registrasi pengguna.

The following two tabs change content below.
Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...