Game Berbasis Teks yang Bisa Dimainkan di Browser

Video game zaman sekarang sudah pasti punya grafik yang keren, dan elemen menakjubkan lainnya. Tapi, gimana kalau kamu bosan dengan game modern dan pengen main game yang simple?

Game berbasis teks (juga dikenal sebagai IF atau Interactive Fiction) adalah genre klasik dimana interaksi dalam game menggunakan kata dan masih tetap tersedia sampai sekarang. Meski terlahir ketika kemampuan hardware masih terbatas, game berbasis teks masih dapat dimainkan pada perangkat modern.

Kamu tidak perlu install atau bayar apapun untuk memainkan game berbasis teks dibawah ini. Kamu cuma perlu web browser.

 

1. The Dreamhold

Dibuat khusus untuk pemain IF newbie, The Dreamhold adalah game yang tepat untuk mulai berkenalan dengan game klasik ini. Selain tingkat kesulitan yang rendah dan waktu permainan yang relatif singkat, game ini juga punya suara tutorial yang bisa membantu kamu sepanjang permainan.

Kamu bisa mematikan tutorial jika ingin punya tantangan lebih. Selain itu, game ini juga punya mode expert untuk membuat puzzle menjadi lebih sulit dipecahkan.

 

Game dimulai dengan kamu bangun didalam sebuah sel penjara, tanpa ingatan sebelumnya, dan kamu perlu mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.
Mainkan Sekarang: The Dreamhold

 

2. Zork

Game zork

Zork adalah salah satu game berbasis teks tertua dan paling populer. Pertama kali diluncurkan tahun 1970, Zork sudah terbukti bertahan melawan waktu karena kualitas ceritanya yang menarik.

Zork dibagi dalam 3 bagian cerita. Cerita pertama dimulai kamu berada di depan sebuah rumah tanpa ada petunjuk. Setelah masuk ke dalam rumah, kamu akan memulai petualangan dan perlu mengumpulkan harta yang kamu bisa.

Zork mendukung fitur save dan restore, dan kamu dapat mengubah bagaimana game memberikan petunjuk. Penasaran? Coba game ini dan nikmati petualangannya.

Baca Juga  Flappy Bird Bertemu Mario Pada Skor 999!

Mainkan Sekarang: Zork

3. Spider and Web

Spider and Web adalah game berbasis teks dari tahun 1998 yang dibuat oleh developer The Dreamhold. Disini, kamu bermain sebagai mata-mata yang tertangkap ketika menyamar sebagai turis. Perlahan, kamu akan menemukan informasi yang membantu dalam permainan.

Pilihan dialog dalam game ini lebih sederhana dibandingkan lainnya. Ketika dihadapkan sebuah pertanyaan, kamu hanya dapat menjawab Ya, Tidak, atau tidak menjawab apapun.

Tingkat kesulitannya cukup tinggi, karena banyak informasi yang kamu terima dan perlu kamu pahami bagaimana ragam informasi tersebut membentuk suatu cerita.

 

Mainkan Sekarang: Spider and Web

4. Night House

Suka main game horror? Di Night House, kamu bermain sebagai seorang anak yang terbangun dan harus ke kamar mandi. Kemudian, dia menemukan keluarganya tidak ada rumah, dan masuk ke dalam pengalaman yang mengerikan.

Night House cukup unik karena punya fitur lain selain input teks, seperti input directional untuk mengarahkan karakter. Tersedia juga map di tampilan layar untuk memudahkan kamu bereksplorasi.

Dengan fitur tambahan seperti sound effect dan suara badai, Night House menambah suasana seram.

Mainkan Sekarang: Night House

5. Torn

Game text-based tidak terbatas hanya pada interactive fiction. Torn adalah online RPG dengan ribuan pemain. Dalam game ini, karakter kamu memulai hidup baru di sebuah kota dan kamu memutuskan bagaimana jalan hidupnya. Kamu bisa menjadi kuat, kriminal dan menyerang orang lain, atau menjadi orang terpelajar dan menjadi pengusaha sukses.

Ketika memulai game, kamu akan diingatkan ini adalah sebuah pengalaman jangka panjang. Karenanya, game ini cocok untuk kamu yang cuma ingin menghabiskan waktu singkat untuk bermain karena tidak memerlukan komitmen untuk leveling up secara cepat.

Baca Juga  3 Game Indonesia Debut Perdana di Nokia X

Setelah menjalankan sejumlah tutorial, kamu akan mulai hidupmu di kota fiksi tersebut.

Tidak seperti game lain dalam list diatas, kamu perlu membuat akun untuk mulai bermain Torn. Nikmati tampilan menarik yang lebih daripada game text-based lainnya dalam game Torn

Mainkan Sekarang: Torn

 

The following two tabs change content below.
Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...