Community Manager : Profesi yang Semakin Populer

Community Manager adalah istilah yang belum lama muncul dan dengan cepat menjadi populer di dunia bisnis online. Saat ini banyak perusahaan memiliki Community Manager, atau setidaknya sedang mencari kandidat untuk menempati posisi tersebut.

Di bidang bisnis online, Community Manager dijadikan sebagai jabatan penting karena banyak perusahaan yang memahami pentingnya membangun komunitas untuk menjami kesuksesan sebuah perusahaan. Pengelolaan komunitas menjadi sebuah beban pekerjaaan tersendiri karena setelah menyediakan sebuah wadah, perusahaan perlu membangun komunitas, memperhatikan customer untuk kemudian menciptakan engagement antar user, mendengarkan dan mempelajari user untuk memastikan produk yang dihasilkan memuaskan penggunanya dan pada akhirnya akan meningkatkan tingkat retention.

Community Manager

Nah, bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan ‘terpanas’ di dunia teknologi saat ini, Community Manager mungkin bisa jadi pilihan kamu. Selain itu, profesi ini juga menjanjikan dari segi ekonomi karena beberapa faktor berikut :

  1. Peningkatan permintaan (increasing demand)
    Saat ini, semakin banyak perusahaan yang membuka lowongan Community Manager.
  2. Persediaan rendah (low supply)
    Ternyata tidak mudah untuk mempekerjakan seorang Community Manager karena peran ini membutuhkan 2 faktor penting yaitu pengalaman dan relevansi. Seorang Community Manager yang berpengalaman di satu bidang belum tentu dapat dengan mudah menerapkan pengalamannya di bidang yang berbeda. Misalnya saja CM di bidang travel agent dengan CM di bidang game online. Hasil pekerjaan mungkin jadi terlihat kurang maksimal karena kurangnya pemahaman akan bidang tersebut. Perlu dipahami, bahwa komunitas yang harus dikelola sangatlah berbeda antara satu bidang dengan yang lainnya. Belum banyak community builder dengan pengalaman tinggi, mengingat bidang pekerjaan ini terbilang masih baru.
    Kabar baiknya, saat ini terdapat banyak pelatihan atau seminar CM yang diadakan perusahaan ternama seperti Google atau melalui webinar yang bisa kamu dapatkan secara online.
  3. Tidak Mudah untuk di-outsource
    Komunitas membutuhkan sebuah platform yang bisa dikembangkan oleh developer, namun untuk proses membangun hubungan komunitas tidak dapat dilakukan menggunakan sebuah program secara otomatis. Karenanya, tidak mudah untuk menjalankan pengelolaan komunitas menggunakan tenaga kerja outsource.

Ini adalah saat yang tepat untuk memulai karir kamu sebagai Community Manager. Tentu saja, kamu harus banyak belajar untuk mengembangkan keahlian kamu sebagai CM yang kompeten agar profesi ini semakin dihargai di masa mendatang.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...