Cara Promosi Bisnis di Internet

Punya bisnis sendiri adalah impian banyak orang. Bagaimana tidak? Kamu bebas menentukan jam kerja sendiri, membuat berbagai keputusan sesuai keinginan kamu dan tentunya tidak ada tekanan dari atasan atau management yang seringkali menambah stress. Kekurangannya adalah besarnya tanggung jawab yang kamu miliki, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, networking, humas dan marketing. Dan marketing bisa jadi merupakan hal yang sulit.

Jika kamu menjalankan bisnis yang tidak berhubungan dengan Internet, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya begitu saja. Internet adalah cara termudah dan termurah untuk menjangkau calon pelanggan secara luas. Promosi online yang dilakukan secara tepat akan memberikan hasil yang luar biasa untuk bisnis kamu.

Berikut ini adalah cara promosi bisnis di Internet :

 

Blog

Promosi Bisnis di Internet Blog

Salah satu cara langkah penting untuk bisnis sekarang ini adalah membangun online presence. Sebagian besar perusahaan saat ini memiliki website statis berisi informasi singkat seperti lokasi, informasi kontak dan sebagainya. Jika kamu belum punya, segera buat website untuk meningkatkan kredibilitas kamu.

Selain website statis, kamu bisa meningkatkan reputasi dengan membuat dan mengelola blog bisnis. Belum pernah membuat blog? Tidak masalah, kamu bisa dengan mudah membuat blog WordPress secara gratis dan cepat. Seiring waktu, kamu juga akan belajar untuk meningkatkan kemampuan blogging kamu.

Blogging sangatlah penting sekarang ini, karena blog menjadi sumber informasi bagi para pelanggan kamu. Calon pelanggan juga dapat mempelajari lebih lanjut mengenai bisnis kamu melalui posting blog yang kamu buat. Blog dapat membangun hubungan personal dengan orang lain tanpa harus bertatap muka.

Setelah memiliki blog dan menjalankannya, kamu bisa juga mulai melakukan guest blogging, dimana kamu akan mem-posting artikel di blog lain yang biasanya akan memberikan kamu kesempatan untuk bertukar link dan saling mempromosikan satu sama lain secara gratis. Jika kamu membuat postingan atau artikel yang menarik, tentunya akan menarik minta orang sehingga bisa meningkatkan calon pelangan kamu di masa mendatang.

 

Buat Konten Viral

Promosi Bisnis di Internet Viral Content

Sesuai namanya, konten “viral” berarti konten yang tersebar dengan cepat seperti wabah penyakit, mencapai banyak orang hanya dalam waktu singkat. Membuat konten viral yang berhubungan dengan bisnis, brand atau website kamu berarti kamu menghemat biaya iklan dalam jumlah besar.

Inilah mengapa banyak perusahaan yang tergiur untuk menjalankan campaign viral dan sejenisnya. Salah satu contoh paling jelas adalah video viral di YouTube. YouTube memudahkan kamu untuk share video dengan teman dan orang lain sehingga tujuan kamu adalah membuat video yang menarik sehingga mendapat banyak view dan share. Contoh lain dari konten viral adalah infographic, komik dan lainnya.

Namun memang tidak mudah untuk membuat konten viral. Karenanya kamu harus terus berusaha dan berpikir kreatif agar berhasil. Aturan terbaik dalam membuat konten adalah memastikan konten tersebut memiliki nilai yang ingin di-share oleh orang lain.

 

Social Network

Promosi Bisnis di Internet Social Network

Istilah ‘social network’ atau ‘jejaring sosial’ menggambarkan alat yang tepat untuk menjalankan campaign. Pemberitaan dari mulut ke mulut (Word of Mouth) adalah bentuk promosi paling efektif.

Tidak bisa dipungkiri, Facebook dan Twitter adalah 2 social network yang paling viral saat ini. Facebook adalah social network terbesar saat ini, sedangkan Twitter dirancang untuk membuat penggunanya saling retweet yang dapat menghasilkan propaganda dengan sangat cepat, sehingga sebuah berita dapat mencapai seluruh belahan dunia hanya dalam hitungan menit.

Selain itu, social network juga memiliki fungsi lain, yaitu membangun userbase untuk bisnis kamu. Hal tersulit untuk bisnis yang baru dibuat adalah tidak ada orang yang mengenal bisnis kamu dan kamu perlu meyakinkan mereka untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang kamu jual. Gunakan social network untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan, sehingga nama kamu lebih dikenal dan dipercaya.

 

Punya tips untuk cara promosi bisnis di Internet? Silakan share disini!

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...