Cara Pasang Google Analytic di Blog atau Website

Bagi pemilik website atau webmaster, sangatlah penting untuk mengetahui perkembangan website setiap harinya agar dapat mengetahui hasil kerja yang telah dilakukan serta menentukan strategi yang harus dilakukan untuk meningkatkan pengunjung website. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menggunakan tool gratis dari Google, yaitu Google Analytic.

Google Analytic memungkinkan kamu untuk memperoleh data traffic website, yaitu para pengunjung website kamu. Caranya tidak sulit, kamu hanya perlu mengikuti Cara Pasang Google Analytic di Blog atau Website yang ada di artikel ini.

Pertama, login ke Google Analytic menggunakan akun Google, kemudian klik tab Admin di bagian kanan atas dan klik dropdown di bagian Account > Create New Account.

Cara Pasang Google Analytic

Selanjutnya, pilih website, kemudian isi kolom yang diperlukan, yaitu :

  • Account name : nama akun Google Analytic (misalnya nama website)
  • Website Name : Nama website kamu
  • Website URL : link website kamu

Cara Pasang Google Analytic

Kemudian pilih kategori website dan tentukan Time zone. Silakan pilih Indonesia. Centang semua pilihan yang ada dibawah, kemudian klik Get Tracking ID.

Klik Accept pada layar Ketentuan Layanan yang muncul untuk melanjutkan.

Cara Pasang Google Analytic

Di layar berikutnya, kamu akan memperoleh Tracking ID dan kode yang diperlukan untuk mulai tracking website menggunakan Google Analytic.

Cara Pasang Google Analytic

Cara Install Google Analytic di WordPress

Cara Pasang Google Analytic di WordPress

Buat kamu yang menggunakan CMS WordPress, sangatlah mudah untuk memasang Google Analytic. Login ke akun admin WordPress, kemudian klik Appearance > Editor. Pilih footer.php, scrool ke bawah dan cari tag </body>, kemudian copy kode Google Analytic. Klik Save.

Artikel lain : 10 Langkah Membuat Blog WordPress

Cara Install Google Analytic di CMS Lain

Kode Google Analytic harus ada di setiap halaman pada website kamu. Saat ini, sebagian besar website sudah memiliki komponen footer atau header yang di-load pada setiap halaman. Karena itu, kamu hanya perlu menambahkan kode Google Analytic pada bagian tersebut saja. Jika kamu membuat website menggunakan CMS Blogspot, caranya sama seperti menambahkan Google Adsense, yaitu dengan mengedit layout design, scroll ke footer kemudian klik Add a New Gadget.

Cara Pasang Google Analytic di Blogspot

Jika website kamu tidak memiliki header atau footer yang terpisah, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk merancang ulang struktur website kamu. Intinya adalah menempatkan kode Google Analytic didalam elemen yang akan di-load pada setiap halaman website kamu.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...