Cara Menyembunyikan Username WordPress dari Google

WordPress adalah CMS yang populer untuk membangun sebuah website. WordPress dapat digunakan secara gratis, ditambah dengan berbagai fitur dan plugin yang dapat meningkatkan performa sebuah website. Selain itu, CMS ini juga mudah digunakan sehingga pengguna yang tidak terlalu ahli pun bisa menggunakannya.

Bagi pemilik website, salah satu yang perlu dipikirkan ketika memilih CMS adalah keamanan. Apalagi jika menyangkut serangan hacker. WordPress memang bisa dibilang memiliki keamanan yang cukup bagus, namun terkadang hacker memiliki cara untuk menggunakan kelemahan sistem untuk kepentingan mereka. Salah satu caranya adalah dengan melakukan serangan brute force password. Hal ini mungkin saja terjadi apabila blog atau website kamu menjadi target serangan hacker karena alasan tertentu.

Cara Menyembunyikan Username WordPress dari Google

Untuk blog atau website WordPress, hacker terkadang memanfaatkan Google untuk mengetahui username untuk login kedalam CMS-nya. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses serangan brute force password atau sejenisnya. Dengan begini, hacker tidak perlu bersusah payah mencari username terlebih dahulu, melainkan langsung menyerang passwordnya saja. Hal ini tentunya bakal menghemat waktu serangan.

Bagi si pemilik website, tentunya merupakan kabar buruk karena username WordPress yang digunakan ternyata terpampang dengan jelas di Internet, tepatnya melalui Google. Untuk mengetahui username sebuah website WordPress, kamu hanya cukup menuliskan perintah berikut di Google :

site:namadomain.com/author

 

Hasil pencarian akan menunjukkan deretan nama username di belakang /author/. Author adalah salah satu fitur WordPress yang berfungsi untuk memudahkan pencarian artikel berdasarkan penulisnya (author). Sayangnya, fitur ini menggunakan username WordPress sehingga dapat menjadi sasaran empuk bagi hacker.

 

 Cara Menyembunyikan Username

Cara Menyembunyikan Username WordPress dari Google

Untuk keamanan, username perlu disembunyikan dari Google atau diganti dengan nama lain. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan plugin yang dapat mengganti nama Author menjadi nama lain, yaitu Display Name Author Permalink.

Plugin Display Name Author Permalink ini akan mengubah permalink /author/username/ menjadi /author/nama-lengkap/. Nama lengkap ini dapat kamu ganti pada bagian Users > Your Profile > First Name dan Last Name. Untuk meningkatkan keamanan, selalu gunakan nama lengkap pada kolom Display name publicly as.

 

Tindakan di atas akan menyembunyikan username WordPress dari Google. Tunggulah beberapa hari sehingga Google selesai melakukan crawl atau index website kamu.

 

Tips Keamanan WordPress Lainnya

Cara Menyembunyikan Username WordPress dari Google

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah jangan pernah menggunakan username ‘admin’ untuk¬†WordPress. Untuk meningkatkan keamanan, ada baiknya kamu juga menggunakan plugin lain seperti Better WP Security, WordPress Firewall 2 dan wSecure Authentication.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...