Cara Menghasilkan Uang dari Iklan di Blog

Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat menarik bagi banyak orang. Selain menyalurkan hobi menulis, blogging sekarang ini juga telah menjadi sarana untuk mencari pendapatan bagi banyak orang. Tentunya banyak yang bertanya bagaimana caranya? Banyak cara untuk menghasilkan uang melalui blog. Sebagai seorang blogger atau calon blogger, kamu bisa bergantung lebih dari satu sumber system monetizing. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan iklan PPC (Pay Per Click) dimana terdapat banyak pilihan baik PPC lokal seperti sitti, kumpulblogger dan sebagainya. Selain PPC lokal, AdSense yang merupakan produk Google juga adalah pilihan yang sering diincar para blogger.

Uang dari Blogging

Bergabung dengan iklan PPC bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dari blogging. Sebagai blogger atau webmaster, kamu bisa menyediakan space iklan bagi para calon advertiser secara langsung, tanpa menggunakan PPC. Cara ini juga biasanya disebut media placement atau banner advertising. Untuk memperoleh client yang tertarik memasang iklan atau banner di blog kamu, tentunya terdapat usaha lebih yang harus kamu lakukan. Pertama, blog atau website kamu harus tampak professional agar calon advertiser yakin akan kualitas blog kamu. Tampilan website yang rapi dan tertata berperan penting disini. Selain itu, jika kamu menggunakan blog gratisan seperti blogspot, kamu perlu memiliki nilai lebih dibandingkan blog atau website yang menggunakan TLD berbayar. Hal ini masih berhubungan dengan profesionalisme, karena website yang menggunakan TLD (top level domain) dipandang lebih professional.

Tertarik? Ikuti saja tips berikut untuk menghasilkan uang dari iklan di Blog:

 

Buat Space Iklan di Blog

Pasang banner di blog yang menarik minat calon advertiser untuk pasang iklan di blog kamu. Buat design banner yang jelas dan menarik, tempatkan di posisi yang strategis. Ukuran banner yang umum digunakan:

  •  728×90: Banner header atau footer
  • 300×250: Banner sidebar

 

Halaman Khusus Advertiser

Buat halaman khusus untuk calon advertiser yang berisi statistik blog secara umum, seperti traffic, audience, pageview hingga pagerank blog.

Disinilah kesempatan kamu untuk meyakinkan calon advertiser dan menarik minatnya untuk bekerja sama dengan blog kamu. Gunakan data yang valid, hindari memanipulasi data karena calon advertiser bisa melakukan riset dan nantinya akan meminta data real ketika menghubungi kamu.

Sertakan data kontak yang jelas dan valid, mulai dari nama, nomor telepon dan email yang bisa dihubungi langsung oleh si advertiser.

 

Networking dan Blogwalking

Jika kamu baru mulai membuka space iklan di blog, baiknya kamu yang bergerak untuk ‘jemput bola’. Telusuri sejumlah blog atau website yang juga memiliki space iklan, kemudian telusuri siapa pemasang iklan yang ada di blog lain. Tawarkan kerjasama dengan advertiser dengan mulai mengirimkan email penawaran kerjasama yang professional, lengkap dengan info blog, traffic dan data lain yang sekiranya dapat menarik minat advertiser tersebut.

Nah, itulah cara untuk menghasilkan uang dari blog selain menggunakan Adsense atau iklan online PPC. Selain itu, cara ini juga membantu kamu untuk networking dan mengenal orang lain di bidang online. Siapa tahu, akan ada bentuk kerjasama lainnya yang memungkinkan kamu memperoleh pendapatan lebih!

 

Punya cara lain untuk menghasilkan uang di blog? Silakan share disini 🙂

 

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...