Cara Menghapus Halaman Blog dari Internet

Tentu kamu pernah mendengar kalimat ‘Apa yang kamu pernah tulis di internet akan tercatat selamanya’. Internet tidak pernah lupa. Namun sebenarnya ada cara untuk menghilangkan mitos tersebut.

Kenyatannya, memang sangatlah mungkin untuk menghapus konten atau informasi yang ada di Internet. Kamu juga bisa mencari halaman website yang sudah dihapus dengan menggunakan Wayback Machine, dimana terdapat data berbagai halaman website yang disimpan selama bertahun-tahun yang mungkin tidak bisa kamu temukan menggunakan Google Search karena halaman tersebut sudah tidak ada. Mungkin halaman tersebut dihapus, atau websitenya sendiri sudah ditutup.

Lalu, bagaimana caranya untuk menghilangkan konten tersebut dari Internet? Memang agak sulit untuk menghapus konten atau informasi yang sudah menyebar di berbagai website dan blog namun kamu bisa menghapus halaman website tertentu secara total dari Internet, baik dari search engine maupun Wayback Machine.

 

3 Cara Menghapus Halaman Blog dari Internet

Cara pertama adalah yang dilakukan oleh sebagian besar pemilik website, yaitu dengan menghapus halaman website yang dimaksud. Hal ini mungkin dilakukan ketika ada konten duplikat di website atau hanya karena kamu tidak ingin halaman tersebut muncul di hasil pencarian.

 

Hapus Halaman Blog atau Website

Permasalahannya, halaman website yang sudah dipublish di Internet berpotensi untuk memiliki backlink, artinya mungkin ada internal link yang pernah kamu buat atau website lain yang mengarah ke halaman tersebut. Ketika kamu menghapus halaman tertentu, Google akan membacanya sebagai missing page.

Cara Hapus Halaman Blog

Karena itu, menghapus halaman website akan menimbulkan permasalahan error crawl “Not found” dan juga kepada orang lain yang memberikan backlink ke halaman tersebut. Biasanya, hal ini bisa kamu perbaiki dengan menggunakan halaman error 404, namun tentunya kamu ingin cara yang lebih baik untuk menghapus halaman website dari Internet bukan?

 

Menghapus Halaman dari Hasil Pencarian Google

Pertama, kamu harus paham bahwa halaman yang bisa kamu hilangkan dari hasil pencarian Google harus merupakan halaman dari website yang kamu miliki, kecuali kamu memiliki alasan hukum yang kuat, misalnya website tersebut menampilkan informasi pribadi kamu yang tidak boleh diketahui publik. Bagi kamu yang mengalami hal ini, maka kamu bisa gunakan Google removal troubleshooter untuk meminta penghapusan halaman tersebut dari hasil pencarian Google. Tentu saja kamu juga bisa secara langsung menghubungi pemilik website untuk menghapus halaman tersebut.

Nah, jika kamu adalah pemilik website dan ingin menghapus salah satu halaman website kamu di hasil pencarian Google, kamu hanya perlu membuat file robots.txt dan pastikan untuk disallow halaman tertentu atau directory yang tidak ingin di-index oleh Google.

Tambahkan perintah berikut di file robots.txt untuk blok sebuah halaman website :

User-agent: *

Disallow: /my-deleted-article-that-i-want-removed.html

Atau blok crawling keseluruhan directory :

User-agent: *

Disallow: /content-about-personal-stuff/

 

Google memiliki halaman support yang dapat membantu kamu membuat file robots.txt jika kamu belum pernah membuatnya.

Kamu juga bisa memblokir Internet Archive (Wayback Machine) untuk mengindex halaman atau directory tertentu :

User-agent: ia_archiver

Disallow: /sample-category/

Pada perintah diatas, berarti kamu meminta Wayback Machine untuk mengabaikan semua konten yang ada di folder sample-category. Internet Archive juga menjelaskan mengenai kebijakan ini di halaman bantuan mereka, dimana Internet Archive tidak akan mendokumentasikan konten atau informasi yang tidak ingin didokumentasikan oleh si penulis atau pemilik website tersebut.

Hal ini berlawanan dengan pemikiran orang pada umumnya, dimana seringkali dikatakan bahwa semua konten yang diposting online tidak akan pernah hilang. Sesungguhnya, webmaster dapat menentukan secara spesifik konten yang ingin dihilangkan dari Internet.

 

Hapus Halaman Website dengan Meta Tag

Jika kamu hanya menginginkan beberapa halaman website untuk dihapus dari hasil pencarian Google, ada cara lain selain menggunakan robots.txt. Kamu hanya perlu menyesuaikan meta tag “robots” pada masing-masing halaman dan meminta robot untuk tidak mengindex halaman tersebut.

Cara Hapus Halaman Blog

Gunakan meta “robots” diatas untuk memblokir indexing oleh robot, atau kamu bisa memerintahkan robot Google saja, sehingga masih bisa diakses oleh search engine lain.

<meta name=”googlebot” content=”noindex” />

Sebagai pemilik website, kamu memiliki kebebasan untuk mengatur apa yang diindex oleh robot search engine.

 

Kesimpulan

Secara teknis, jika kamu menghapus menghapus halaman blog dari internet menggunakan robots.txt adalah cara yang tepat karena kamu tidak akan mengganggu struktur website, dimana kamu tidak akan mengarahkan pengunjung ke halaman error 404.

Sebagai pemilik blog atau website, kamu bisa mengatur bagaimana search engine meng-index website kamu dan kontennya. Karena itu, pergunakan perintah di file robots.txt sesuai dengan keinginan dan keperluan kamu.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...