Cara Mendapat Uang dari Blogging

Tertarik untuk memulai sebuah blog? Sekarang ini, kamu bisa mendapatkan uang melalui media blogging dan hal ini bukanlah hal yang mustahil. Banyak orang memanfaatkan blog untuk menambah penghasilan, bahkan ada yang menjadi seorang full time blogger dan memperoleh pendapatan hanya dari blogging saja. Kamu bisa menjadi seorang blogger sukses dan mendapat uang yang tidak sedikit hanya dari blogging saja. Tentu banyak dari kamu yang ingin bekerja online dari rumah dan mendapatkan uang dari pekerjaan tersebut bukan?

Bingung bagaimana memulainya? Blogging pada dasarnya tidak memerlukan modal awal yang banyak. Kamu bahkan bisa memulai blog gratisan dengan menggunakan layanan platform blog gratis seperti Blogspot atau WordPress.org. Selain untuk mempublikasikan tulisan kamu, blog juga dapat kamu gunakan untuk promosi secara online, mulai dari promosi produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan kepada orang lain.

Artikel lain : 10 Langkah Membuat Blog WordPress.

Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendapat uang lewat blog? Berikut ini beberapa contohnya :

Menjadi Publisher Iklan

Google Adsense

Google Adsense adalah program iklan PPC yang paling populer. Jika blog kamu sudah memiliki traffic yang cukup tinggi, ini adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan. Selain Google Adsense, terdapat juga program lain seperti AdPlus atau Kliksaya yang adalah program PPC lokal Indonesia.

Cara kerja PPC secara garis besar adalah sama, dimana kamu akan dibayar oleh pihak PPC berdasarkan jumlah klik iklan yang dilakukan pengunjung blog kamu. Kamu hanya perlu mendaftarkan blog  atau website kamu pada program yang kamu inginkan, kemudian pasang iklan yang disediakan dan biarkan pengunjung yang mengisi saldo kamu.

 

Menjual Space Iklan

Jual Space Iklan

Selain program PPC, kamu juga bisa memanfaatkan blog kamu untuk menjual space iklan. Jika blog/ website kamu memiliki traffic yang cukup tinggi, maka akan mudah bagi kamu untuk menawarkan space iklan kepada perusahaan atau pihak yang ingin melakukan promosi produk atau jasa yang mereka jual. Berbeda dengan PPC, tarif space iklan yang dijual bisa kamu tentukan sendiri. Besarnya tariff bisa kamu hitung berdasarkan traffic blog, posisi banner dan waktu yang ditentukan.

Cara ini baru bisa berhasil dan kamu bisa menjual space iklan dengan harga tinggi apabila blog kamu memiliki traffic yang besar dan tentunya kamu juga harus membuat proposal penawaran iklan yang menarik sehingga calon klien kamu setuju untuk memasang iklan di blog/ website kamu.

 

Program Afiliasi

Program Afiliasi

Afiliasi adalah penghasilan yang kamu peroleh dari komisi penjualan suatu produk/ jasa. Jika kamu ingin menjalankan bisnis online dari rumah dengan mudah, afiliasi adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan. Komisi yang diberikan oleh pihak afiliator juga biasanya cukup besar, bahkan hingga 70% dari masing-masing harga barang yang berhasil dijual melalui website kamu.

 

Jualan Online Lewat Blog

Toko Online

Bisnis jual beli online disebut juga e-commerce sekarang ini semakin marak dan patut kamu coba. Kamu bisa berjualan dengan modal yang minim, namun memiliki pangsa pasar yang luas karena toko online dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Kamu bisa menjual berbagai barang, mulai dari tas, baju, buku, dan sebagainya.

 

Jual Jasa

Jual Jasa Online

Cara yang satu ini mungkin yang terdengar agak lebih berat dibandingkan lainnya, namun bisnis yang satu ini juga bisa menjadi peluang bagi kamu untuk mendapatkan uang lewat blogging. Kamu bisa menjual berbagai jenis jasa secara online. Misalnya saja menjual jasa membuat blog atau website.

Kamu bisa menjual keahlian kamu dan menjadikannya sebagai komoditas bisnis online kamu. Beberapa jasa yang sering ditawarkan atau dijual secara online antara lain : jasa menulis artikel, jasa SEO atau jasa website development, hingga jasa design.

Tentunya tidak mudah untuk langsung memulai dan bersaing dalam bisnis ini, karena kamu perlu meyakinkan pelanggan akan kemampuan yang kamu miliki. Namun cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang lewat blogging.

 

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blogging jika kamu memang ingin berusaha untuk melakukannya. Punya cara lainnya? Silakan share di kolom komentar.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...