Cara Membuat Blog Populer

WordPress adalah platform blogging yang solid. Banyak blogger dan website yang menggunakan WordPress sebagai CMS-nya dengan impian untuk memiliki blog sendiri yang ramai pengunjung. Meski begitu, tidak sedikit pula blogger yang menyerah di tengah jalan karena merasa blognya tidak seramai yang mereka inginkan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke website dan sedikit komentar yang diterima.

Permasalahannya, blog atau website tidak begitu saja menjadi populer meskipun memiliki konten yang bagus. Istilah “bangun dan tunggu pengunjung datang” tidak berlaku untuk blog.

Kamu perlu strategi untuk meningkatkan pengunjung dan membuatnya lebih populer sehingga kerja keras kamu memiliki hasil. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa 8 strategi untuk membuat blog populer :

 

Tentukan Topik dan Fokus

Fokus Topik Blog

Banyak blogger yang memulai blog dengan rencana menuliskan tentang hidup mereka dan pemikiran mengenai berbagai hal secara umum. Masalahnya, meski sebagian post mungkin memang menarik bagi sejumlah pengunjung, namun konten yang terlalu luas justru membuat orang tidak ingin kembali mengunjungi blog kamu.

Jika ingin membuat blog populer, kamu perlu fokus pada 1 atau 2 topik. Jika kamu merasa tidak ingin hanya menulis 1 topik saja, perluas topik secara perlahan. Misalnya saja pertama kamu menulis tentang game online, tentu hal ini akan menarik pengunjung selama beberapa waktu, kemudian untuk terus meningkatkan pengunjung, kamu akan perlu menulis mengenai tips bermain game di PC dan lanjutkan dengan membahas mengenai berbagai game yang ada di Indonesia secara lebih luas.

Dengan memfokuskan topik dan mempelajari perkembangannya, kamu membuat pengunjung menjadi betah berada di blog kamu dan nantinya mereka akan kembali untuk membaca artikel terbaru mengenai topik tersebut.

 

Berteman dengan Para Blogger

Misalnya saja kamu seorang blogger gamer, tentu saja banyak orang lain dengan niche yang sama bukan? Nah, ini kesempatan kamu untuk mencari blogger lain dan perhatikan blog mereka. Kamu bisa berpartisipasi dengan memberikan komentar pada artikel yang mereka buat. Kolom komentar biasanya memungkinkan kamu untuk menyertakan link. Dengan begini, kamu bisa memperoleh teman di komunitas blogger dengan niche yang sama, ditambah dengan backlink dari website atau blog yang relevan.

Ketika memberikan komentar, selalu berikan komentar yang tulus dan jelas, tidak dibuat semata-mata untuk mempromosikan blog kamu. Berikan informasi dan pendapat yang berguna ketika berkomentar sehingga tidak dianggap spam.

 

Bergabung dengan Komunitas Blogger

Selanjutnya, kamu juga perlu berbaur dengan komunitas blogger. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti bergabung dengan grup di Facebook, Google+ dan lainnya. Selain social media, komunitas blogger juga biasanya memiliki website sendiri dimana para blogger diijinkan untuk submit konten mereka dan apabila dianggap layak, konten akan dipublish oleh website tersebut. Hal ini tentunya akan meningkatkan visibilitas website dan reputasi kamu sendiri sebagai seorang blogger. Karenanya, pastikan kamu memiliki konten yang berkualitas di blog. Bukan hanya hasil copy paste dari website lain.

 

Buat Visitor Betah di Website

Plugin Related Post

Plugin related post seperti LinkWithin, Best Related Posts atau SimpleTags untuk WordPress akan membantu meningkatkan engagement dan page/ visit dari pengunjung website kamu. Dengan adanya related post, mereka akan ditawarkan untuk membaca artikel lain yang relevan. Hal ini tentunya berdampak positif untuk website kamu.

 

Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah tindakan dimana kamu menulis artikel untuk blog lain. Hal ini dapat meningkatkan hubungan kamu dengan blogger lain, serta meningkatkan reputasi kamu sebagai seorang blogger professional.

 

Ajak Visitor untuk Memberikan Comment

Dorong keinginan pembaca atau visitor kamu untuk meninggalkan komentar pada artikel blog kamu dan ketika ada komentar, pastikan kamu membalasnya untuk membuat mereka merasa didengar dan dihargai.

Untuk WordPress, kamu bisa gunakan plugin CommentLuv yang disukai para blogger karena secara otomatis memberikan backlink ke artikel terakhir di blog mereka.

 

Tambahkan Tombol Social Sharing  

Tombol Sharing

Gunakan tombol social sharing yang sederhana dan sesuai dengan blog kamu. Kamu tidak perlu menggunakan pop-up yang mengganggu dan malahan membuat pengunjung merasa dipaksa untuk melakukan kegiatan social. Pastikan tombol social sharing kamu terlihat dengan jelas, dapat dijangkau dengan mudah namun tidak mengganggu pengalaman pengunjung.

 

Rajin

Blogging bukanlah pekerjaan jangka pendek. Kamu harus siap berkomitmen untuk jangka panjang untuk membangun basis pembaca yang besar. Tulis dan publish artikel secara rutin dan tingkatkan hubungan baik dengan sesama blogger atau partner. Blog kamu akan bertumbuh dan seiring waktu, blog kamu akan lebih dipercaya oleh search engine.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...