PDF-to-PowerPoint

Cara Ubah File PDF ke PowerPoint

PDF adalah salah satu format file yang sering digunakan. Tapi seringkali ada kebutuhan untuk mengubah format file PDF ke PowerPoint. Konten hasil studi yang berisi grafik, gambar, tabel dan lainnya seringkali didistribusikan menggunakan format PDF yang perlu dipindahkan ke PowerPoint untuk keperluan presentasi.

Jika kamu punya file PDF yang ingin kamu ubah menjadi format PowerPoint, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

 

Cara Convert PDF ke PowerPoint

Sama seperti proses konversi format file pada umumnya, ada 2 cara yang tersedia untuk mengubah PDF menjadi PowerPoint (PPT) File. Kamu bisa menggunakan web app atau software.

Web App: Smallpdf

Terdapat sejumlah tools yang tersedia untuk convert file PDF ke PPT. Smallpdf adalah salah satunya, dan ini merupakan tools yang cukup reliable.

Smallpdf punya fitur lain yang cukup menarik. Pertama, aplikasi ini gratis. Kedua, Smallpdf tidak menyimpan file kamu di server mereka (file disimpan selama 1 jam saja). Terakhir, Smallpdf adalah aplikasi berbasis web. Artinya kamu tidak perlu melakukan instalasi software apapun kedalam komputer/ laptop.

Small PDF

 

Untuk mulai proses konversi, kunjungi website Smallpdf. Gunakan navigasi di bagian atas: All Tools > Convert from PDF > PDF to PPT.

Sebuah box kuning akan terbuka. Ada 3 cara untuk tambahkan file yang ingin diconvert menggunakan Smallpdf:

  1. Upload file dari komputer menggunakan drag & drop atau klik Choose File.
  2. Tambahkan file dari Google Drive dengan klik From Google Drive.
  3. Tambahkan file dari Dropbox dengan klik From Dropbox.

PDF to PPT

Catatan: Ijin akses diperlukan jika kamu ingin menambahkan file dari Google Drive arau Dropbox.

Setelah file dipilih, proses upload dimulai. Waktu upload tergantung besaran ukuran file yang di-upload. Proses conversion akan dimulai langsung ketika proses upload selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk proses conversion juga tergantung dari ukuran file PDF.smallpdf-conversion

Ketika proses conversion selesai, layar akan menunjukkan hasil selesai. Kamu bisa download file PowerPoint ke PC/ laptop, atau save ke Google Drive atau Dropbox.

Baca Juga  Cara Bersihkan Digital Footrprints di Internet (Jejak Digital)

Klik Start Over untuk convert file selanjutnya.

Desktop App: Wondershare PDF Converter Pro

Penting sebelum kamu memutuskan untuk download software ini. Tidak ada aplikasi converter PDF ke PowerPoint yang cukup patut untuk kami install di komputer.

Alasannya sederhana: pengguna konverter PDF to PPT bukanlah pangsa pasar yang besar. Sebagian besar hanya perlu menggunakannya sesekali dan sebagian besar untuk kebutuhan pekerjaan.

Acrobat Pro DC adalah desktop app converter PDF to PPT yang direkomendasikan. Harganya $14.99 per bulan. Jika kamu hanya sesekali memerlukannya, harga ini tentulah sayang digunakan untuk berlangganan software yang jarang digunakan.

Adobe Pro DC dapat digunakan pada beragam device, memilih bagian konten yang ada di PDF, dan tentukan format PPT yang ingin digunakan.

Ada juga pilihan yang lebih ekonomis, Wondershare PDF Converter Pro. Harga yang ditawarkan adalah $79.95 untuk lisensi seumur hidup. Free trial tersedia, sebelum berkomitmen untuk membeli.

Untuk convert file PDF ke PPT, buka file asli dari software Wondershare. Kemudian klik Home > To Others di bagian kanan. Dialog pilihan save akan muncul. Pilih PPT untuk format penyimpanan di pilihan Save as Type dan klik Save. Tunggu hingga proses konversi selesai. Waktu proses conversion tergantung dari ukuran file yang kamu convert.

Tidak ada converter yang sempurna

File PowerPoint yang di-convert dari PDF kemungkinan besar tidak sempurna. Software conversion hanya dapat melakukan estimasi dan menggunakan logic untuk melakukan konversi. Hasil konversi akan perlu kamu edit lebih menggunakan PowerPoint untuk dapat memiliki tampilan yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kamu.

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...