Apa Itu Social Media Marketing?

Social Media Marketing mengacu pada proses perolehan traffic atau atensi melalui website social media.

Social media adalah istilah untuk website yang menyediakan social action khusus. Contohnya, Twitter adalah website social yang dirancang agar penggunanya dapat menuliskan pesan pendek atau update dan membagikannya dengan orang lain. Facebook adalah website social networking yang memungkinkan penggunanya untuk share update, foto, event dan berbagai aktivitas sosial lainnya.

Lalu apa pentingnya social media bagi seorang online marketing, khususnya SEO? Karena keduanya berhubungan erat.

Social media seringkali menggunakan penemuan konten baru seperti news, dan proses “discovery” adalah sebuah aktivitas sosial. Social media juga dapat membantu membangun link yang nantinya mendukung sebuah usaha SEO. Banyak pengguna internet juga menggunakan fitur search di social media untuk menemukan konten tertentu.

Social Media Marketing

Social Media Marketing (SMM) adalah bagian dari Internet marketing yang menggunakan website social networking sebagai marketing tool. Tujuan SMM adalah menghasilkan konten yang akan di-share oleh pengguna melalui social network untuk meningkatkan brand exposure sebuah perusahaan dan meningkatkan jangkauan pelanggan.

Salah satu komponen penting dalam SMM adalah Social Media Optimization (SMO). Sama seperti search engine optimization (SEO), SMO adalah strategi untuk menarik visitor baru ke website. SMO dapat dilakukan dengan 2 cara : menambah link social media melalui konten, seperti RSS feed dan tombol share atau melakukan aktivitas promosi melalui social media dengan update status, tweet atau posting blog.

SMM membantu perusahaan untuk memperoleh feedback langsung dari pelanggan dan calon pelanggan, ditambah membuat perusahaan tampil lebih ramah. Social media memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan perusahaan atau perwakilannya, sehingga pelanggan dapat lebih mudah menyampaikan keluhan sehingga pelanggan merasa didengar oleh perusahaan tersebut. Dalam SMM, aspek ini disebut dengan social customer relationship management (Social CRM). SMM saat ini mudah dijumpai dan berkembang bersamaan dengan popularitas website seperti Twitter, Facebook, LinkedIn dan YouTube.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...