Arti Google Panda dan Google Penguin

Apa itu Google Panda dan Google Penguin?

Apa itu Google Panda dan Google Penguin? Buat kamu yang mengikuti perkembangan algoritma Google, tentu sudah mendengar kedua istilah ini. Kedua nama binatang ini adalah sebuah algoritma buatan Google yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dari mesin pencari Google.

Bagi kamu yang sering menggunakan Google, mungkin bisa merasakan perbedaan dari hasil pencarian Google yang semakin relevan dibandingkan dulu. Dulu, hasil pencarian Google di halaman pertama bisa diisi dengan website atau blog yang isinya tidak sesuai dengan kebutuhan kita, dimana biasanya malah terdapat iklan atau kita dibuat berputar-putar di halaman yang sama.

Dengan update Google ini, hasil pencarian Google menjadi lebih relevan dan tentunya kita tidak lagi membuang banyak waktu ketika mencari informasi lewat Google.

Google Panda

Google Panda

Algoritma Google Panda diupdate sekitar akhir tahun 2010 dan awal 2011, dirancang untuk berusaha menampilkan website atau blog yang berkualitas baik, bukan hasil copy paste dan memiliki konten original. Website atau blog yang terkena dampak Google Panda biasanya adalah yang banyak berisi hasil copy-paste atau autoblog. Update algoritma ini bertujuan untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik kepada pengguna mesin pencari Google, agar konten yang ada di halaman pertama relevan dengan yang dicari.

Penjelasan singkatnya, Google Panda berfokus pada kualitas konten.

 

Google Penguin

Google Penguin

Algoritma Google Penguin adalah update dari Google Panda sebelumnya dan bertujuan untuk menghukum atau menghapus website/ blog yang menggunakan black hat SEO, seperti keyword stuffing, doorway pages, cloaking, dan sebagainya. Sebelum dirilis, Google sempat mengeluarkan pernyataan berikut :

Dalam beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan sebuah algoritma baru yang ditargetkan pada web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat sebuah situs yang diindikasikan telah melanggar pedoman google. Kami selalu menargetkan web spam dalam rangking google dalam upaya mengurangi web spam dan menyajikan konten berkualitas tinggi. Meskipun kami tidak dapat membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk mempermainkan hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah  fokus pada menciptakan situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode white hat SEO bukannya terlibat dalam taktik webspam agresif.

Singkatnya, Google Penguin berfokus untuk menghukum website spam agar pengguna Google semakin nyaman menggunakan layanan mesin pencari Google.

Baca Juga  7 Cara Agar Website Cepat Diindex Google

Apa Saja yang Termasuk Praktek Black Hat SEO?

  • Keyword Stuffing adalah menempatkan suatu keyword (kata kunci) yang sangat banyak di sebuah artikel yang dibuat dengan tujuan mendapatkan posisi pertama untuk kata kunci tersebut.
  • Doorway Pages adalah menempatkan keyword pada sebuah halaman website yang sama persis seperti yang kita ketik di Google lalu kemudian melakukan redirect (pengalihan) ke sebuah situs tertentu. Jadi misalnya kamu menggunakan keyword “android”, kemudian website/ blog yang kita klik nantinya juga berisi “android” dengan variasi yang lain. Lalu kita dialihkan ke halaman tertentu.
  • Cloacking adalah teknik yang dapat memanipulasi bot Google dengan memberikan deskripsi yang relevan di mesin pencari Google. Tetapi ketika kamu klik website tersebut, ternyata isinya jauh dari apa yang dideskripsikan Google.

 

Kesimpulan

Google Panda dan Google Penguin adalah alogaritma yang menyempurnakan hasil pencarian di mesin pencari Google. Kedua alogaritma tersebut tentunya selalu diupdate oleh tim dari Google. Seperti pada saat sekarang saja, Google Penguin sudah mencapai 2.0 yang baru diupdate tanggal 22 Mei 2013 yang diumumkan oleh Matt Cutts selaku Head of the Webspam Team Google.

Bila ingin mengenal lebih jauh tentang Matt Cutts atau tentang SEO, bisa langsung meluncur ke blognya di mattcutts.com/blog.

Nah, tentunya kamu tidak mau yah blog atau website kamu terkena dampak Google Panda atau hukuman Google Penguin, bukan? Karenanya, pastikan kamu tidak menggunakan teknik SEO atau teknik lainnya yang tidak sesuai dengan aturan main Google. Tidak bisa dipungkiri, Google sangat berpengaruh pada traffic sebuah website, karena memang sebagian besar pengguna Internet menggunakan Google sebagai mesin pencari utamanya.

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...