7 Cara Agar Website Cepat Diindex Google

Nilai utama sebuah website adalah blog adalah jumlah pengunjung atau traffic website. Sebagus apapun tampilan website, tidak ada gunanya jika tidak memiliki pengunjung atau visitor dan untuk memperoleh pengunjun/ visitor, website kamu harus terindex Google. Bisa saja kamu beranggapan Google bukanlah satu-satunya search engine, namun perlu kamu ingat bahwa Google adalah search engine yang paling penting saat ini dan jika kamu ingin website/ blog kamu terindex, maka kamu perlu mengikuti aturan main Google.

Berikut ini 7 cara membuat blog atau website cepat diindex Google.

 

Verifikasi Google Webmaster Tools

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan verifikasi kepemilikan website melalui Webmaster Tools. Umumnya, kamu hanya perlu upload file HTML ke root domain. Disini, kamu bisa mendapatkan berbagai feedback dan tools diagnose seperti search query, status index dan top page. Webmaster Tools adalah perangkat penting bagi kamu pemilik website.

Variasi Backlink

Backlink adalah link yang mengarah ke website kamu dari website lain dan menjadi salah satu indikator ranking website kamu di index Google. Hal ini juga merupakan cara Google menemukan website baru. Backlink yang bervariasi adalah salah satu cara yang tepat untuk memulai sebuah website baru. Aktif di berbagai forum dan dapatkan backlink, kamu juga bisa menjadi guest blogger di website atau blog lain yang sudah memiliki reputasi baik. Gunakan OpenSiteExplorer untuk melakukan pemeriksaan backlink.

Apapun yang kamu lakukan, jangan membeli backlink dari manapun.

Structured Data / Authorship

Selanjutnya, cara termudah agar website terindex Google adalah dengan menggunakan verified Authorship. Kamu hanya memerlukan profile Google Plus dan jika website kamu dinilai layak, maka nama kamu akan muncul di setiap posting yang kamu buat. Meski begitu, memiliki authorship tidak menjamin kamu akan mendapat ranking yang lebih tinggi.

Kamu juga bisa menambahkan review markup atau video markup jika kamu memiliki konten video :

Gunakan Rich Snippet Testing untuk memeriksa coding pada website kamu.

XML Site Maps dan Ping

Gunakan sitemap generator untuk memudahkan kerja Google. Bagi pengguna WordPress, kamu bisa menggunakan plugin WordPress SEO untuk hal ini. Submit sitemap kamu melalui Webmaster Tools.

Setiap kali konten atau post di-publish, plugin atau CMS kamu perlu melakukan “ping” kepada Google untuk memberitahukan akan adanya konten baru tersebut. Tentunya Google tidak segera menjawab “ping” kamu, tapi hal ini bakal menambah peluang web atau blog kamu terindex dibandingkan yang tidak melakukan ping.

Konten Berkualitas dan Original

Google dapat mengetahui jika kamu copy-paste sebuah artikel. Seringkali pemilik website baru bertanya-tanya bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung atau visitor website. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah konten website. Pastikan konten artikel tidak hanya berisi 1 paragraf pendek, atau hasil copy-paste dari website lain.

Tawarkan konten yang berkualitas dan original. Hal yang menarik bagi pengunjung website kamu. Tuliskan artikel yang memiliki nilai dan tentunya pastikan juga konten kamu cukup banyak, sehingga Google akan memberikan pengunjung yang tepat untuk website kamu.

Ingat, jangan pernah copy konten website lain.

Artikel lain : Cara Pasang Google Analytic di Blog atau Website

Kurangi Ads

Percaya atau tidak, Google memiliki tim pemeriksa website manual yang melakukan pemeriksaan jika website kamu tertanda (flagged) atau naik ranking terlalu cepat. Website akan dinilai berdasarkan aturan main Google. Intinya, jika website kamu dinilai ‘spammy’ bagi tim pemeriksa ini, maka web kamu bisa dihilangkan dari index Google.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat spammy sebuah website adalah jumlah iklan. Apabila website kamu terlalu banyak menampilkan ads/ iklan, maka web kamu beresiko terkena banned. Untuk website baru, pastikan kamu tidak menampilkan terlalu banyak iklan.

Jangan Curang

Jika kamu membeli backlink atau menggunakan layanan spam komentar, jangan kaget jika web atau blog kamu dibanned oleh Google. Mungkin kamu berpikir untuk menggunakan berbagai teknik baru untuk meningkatkan traffic website dengan cepat, namun pada akhirnya hal ini akan membahayakan website kamu untuk jangka panjang. Apabila kamu ingin membangun website untuk jangka panjang dengan reputasi baik, pastikan kamu tidak menggunakan cara curang ketika membangun website dan meningkatkan pengunjung.

Punya tips lain cara agar website terindex Google? Silakan share melalui kolom komentar dibawah.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...