5 Skill Penting Bagi Pengusaha Online

Ingin berbisnis? Sekarang semakin mudah bagi kamu untuk membuka dan menjalankan bisnis, tentu saja bukan berarti berbisnis itu mudah. Wirausaha bukan untuk semua orang, kamu perlu menjadi orang yang serba bias, bukan hanya ahli dalam satu skill tertentu saja. Untuk mencapai kesuksesan, tentunya kamu akan menghadapi berbagai situasi yang mengharuskan kamu untuk menjalankan berbagai peran dengan beragam skill berbeda.

Sebelum mulai berbisnis, kamu perlu mempersiapkan diri kamu dengan sejumlah skill dasar yang penting bagi seorang pebisnis. Selain skill, kamu juga perlu keyakinan dan mental yang kuat.

 

Nah, berikut ini adalah sejumlah skill penting bagi pengusaha yang perlu kamu pelajari sebagai dasar untuk memulai bisnis online.

 

Rutinitas

Rutinitas

Efisiensi dan produktivitas memerlukan rutinitas yang mantap dan tetap. Bukan berarti rutinitas untuk melakukan hal yang sama setiap harinya, tapi lebih kepada mindset dan perilaku yang berpegang pada rutinitas kerja.

Rutinitas harian menghasilkan etika kerja. Sebagai seorang pengusaha atau istilah kerennya entrepreneur, kamu tidak memiliki bos. Artinya kamu harus jadi pemimpin bagi diri kamu sendiri, dimana kamu harus bisa bekerja dengan kesadaran sendiri setiap saat. Menjalankan rutinitas adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan produktivitas dan bukan malah membuang waktu dengan buka Facebook atau YouTube.

Rutinitas juga menghasilkan ketekunan. Ingat bahwa kamu bakal perlu menghabiskan banyak waktu ketika memulai usaha sebelum akhirnya mencapai sukses. Kamu bakal menghadapi banyak masalah dan berpikir kamu telah gagal. Karena itu, mindset rutinitas bakal membantu kamu untuk tetap fokus bekerja dan meningkatkan kualitas pekerjaan kamu.

 

Email Management

Email Management

Salah satu skill penting yang perlu kamu kuasai sebagai seorang pengusaha adalah email management. Meski sekarang ada banyak fasilitas lain seperti messenger atau chat platform, email tetap penting untuk menjaga dokumentasi perkembangan pekerjaan kamu.

Pelajari etika email. Terdapat sejumlah etika dan peraturan dalam korespondensi menggunakan email. Tentu saja, aturan ini bisa berbeda tergantung perusahaan dan preferensi masing-masing. Namun penting bagi kamu untuk mengetahu etika email secara umum.

Pelajari tentang produktivitas email. Semakin sukses usaha kamu, email yang kamu terima akan semakin menumpuk. Email saran, komentar, keluhan, hingga ajakan kerjasama atau yang lainnya. Pelajari cara memisahkan dan filter email agar kamu bisa lebih produktif, misalnya email mana yang lebih penting untuk dibaca atau dibalas terlebih dahulu, dsb.

Pelajari keamanan email. Waspada terhadap malware, hacker, phishing dan lainnya. Jangan sampai masalah keamanan menyebabkan email penting di inbox kamu hilang atau malah dibajak orang lain.

 

HTML dan CSS

HTML dan CSS

Internet sekarang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita dan tentu saja bisnis online tidak bisa lepas dari website. Sebuah website adalah penting dan wajib bagi pebisnis online, sehingga sangat pentingĀ  bagi kamu untuk mempelajari HTML dan CSS dasar.

Dengan kemampuan dasar HTML dan CSS, kamu bisa mengubah dan melakukan tweak pada website kamu tanpa harus membayar orang lain. Kamu bahkan bisa membuat website sendiri apabila skill kamu mencukupi.

Yang paling penting, kemampuan coding mampu mengasah kemampuan berpikir kamu. Kamu akan dapat melihat sebab dan akibat dari suatu masalah dan memecahkan masalah teknis.

 

Marketing dan Promotion

Marketing and Promotion

Tidak ada gunanya menjalankan usaha tanpa mempromosikannya. Sebagai seorang pengusaha, kamu memerlukan skill marketing dan promosi.

Cara paling mudah adalah melakukan promosi online, seperti:

  • Tingkatkan traffic website
  • Social media marketing
  • Viral online video

Intinya, jangan pernah takut, ragu atau malu untuk mempromosikan bisnis dan brand kamu. Jika kamu sendiri tidak yakin, bagaimana orang lain bisa percaya?

 

Data Analytic

Data Analytic

Bagaimana cara mengukur kesuksesan usaha kamu? Di era digital saat ini, kamu bisa mengukur keberhasilan dengan angka traffic, exposure dan jumlah penjualan. Karenanya, untuk mengetahui dan mengukur kesuksesan, kamu perlu mengetahui dan mengenal analytic.

Tools yang paling popular adalah Google Analytic, layanan gratis dari Google yang dapat memberikan data traffic website dan metric lain yang kamu perlukan untuk menganalisa website. Tool lain seperti social media analytic dan laporan sales juga bisa menjadi data penting untuk kamu.

Skill penting dalam data analytic adalah kemampuan untuk membedakan dan memahami data yang diberikan oleh tools analytic. Apakah kamu mampu memahami kekurangan, memberikan solusiĀ  dan memberikan estimasi untuk masa mendatang? Analytic dapat membantu kamu mengetahui apa yang salah atau benar, namun pengusaha terbaik mampu menganalisa data dengan cara berbeda yang tidak dapat dilihat dengan mudah.

 

Kesimpulan

Ingat, menguasai skill diatas tidak menjamin kesuksesan kamu dalam menjalankan usaha. Namun tentunya akan mengurangi tingkat kegagalan serta memberikan keseimbangan dan keteraturan dalam menjalankan usaha. Apa kamu bisa sukses tanpa satu atau lebih skill diatas? Tentu saja mungkin.

 

Apa skill penting bagi pengusaha yang penting menurut kamu? Silakan share di kolom komentar.

 

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...