5 Panduan Belajar SEO Gratis

Sebagian besar dari kita dapat menggunakan search engine secara umum. Namun, banyak juga dari kita tidak mengetahui cara kerja search engine yang sebenarnya. Di era Panda, Penguin dan Hummingbird, hal ini sangat mempengaruhi para pekerja internet yang tugasnya terkait dengan cara kerja sebuah search engine, terutama Google. Pemahaman mendasar untuk memposisikan sebuah website sehingga memperoleh traffic tinggi adalah skill yang harus dimiliki oleh digital marketer, social media manager atau pengusaha yang menjalankan bisnis berhubungan dengan internet.

Penguasaan ilmu search engine membutuhkan pengetahuan, pengalaman dan banyak eksperimen serta kegagalan. Kabar baiknya, kamu bisa mulai mempelajari dasarnya dan menghindari kesalahan umum SEO dengan banyaknya panduan belajar SEO gratis di Internet.

 

Moz Beginner’s Guide to SEO

Panduan Belajar SEO Moz

Moz berawal sebagai perusahaan konsultan SEO di tahun 2004 dan saat ini masih menjadi tujuan utama untuk memperoleh ilmu SEO di Internet. Selain memiliki banyak konten berkualitas, Moz juga menyediakan tool analytic untuk web marketer yang ingin memperoleh data akurat mengenai metrik dan ranking search engine.

The Beginner’s Guide to SEO dari Moz adalah sumber dimana kamu bisa mengetahui cara kerja search engine. Kamu bisa membaca 10 bab secara online atau download file tersebut dalam bentuk PDF. Moz juga memiliki video kursus SEO gratis di Udemy.

Pastikan kamu bookmark Moz untuk terus menambah ilmu SEO kamu setiap harinya.

 

QuickSprout – Advance SEO Guide

Panduan Belajar SEO QuiclSprout

Kalimat “Advance Guide” mungkin terdengar menakutkan bagi pemula, namun panduan ini sebenarnya adalah salah satu panduan yang mudah dimengerti. Panduan ini dibuat dalam bentuk infographic. Beberapa pengetahuan dasar mungkin memang diperlukan untuk dapat menggunakan panduan ini secara maksimal.

Bab 9 pada panduan ini memberikan penjelasan yang mudah dimengerti akan sebuah topik SEO yang cukup rumit. QuickSprout didirikan oleh Neil Patel dan biografinya cukup menarik untuk dibaca.

 

Webmaster Tools – Google Basic

Jika kamu baru mulai mempelajari SEO, mungkin istilah “webmaster” masih jauh dari pandangan kamu. Mulai perjalanan kamu menjadi seorang “webmaster” menggunakan panduan ini untuk mengetahui bagaimana Google bekerja dalam melakukan index dan crawl. Google menjelaskan proses crawl, index dan serve (memberikan hasil).

Nilai tambah untuk pembelajaran kamu disini adalah panduan pemula berupa PDF sebanyak 32 halaman yang menjelaskan mengenai SEO (Search Engine Optimization).

Video diatas adalah penjelasan dasar mengenai cara kerja Google Search. Kamu bakal menemukan banyak video lainnya di channel YouTube Webmaster.

 

Search Engine Land

Panduan belajar SEO Tabel SearchEngine

Apakah SEO itu? Website ini akan memberikan jawabannya untuk kamu. Sejumlah sumber terpercaya pun ditautkan melalui website ini. Salah satu hal penting yang wajib kamu akses adalah Periodic Table Of SEO Success Factors dan panduannya. “Periodic Table” memberikan tampilan sekilas mengenai hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengoptimasi bloh atau website kamu.

Download tabelnya untuk dijadikan referensi.

 

WordPress SEO

Panduan Belajar SEO WordPress

Panduan yang berjudul The Definitive Guide to Higher Rankings for WordPress Sites ini dibuat oleh developer WordPress, Joost de Valk dan merupakan panduan singkat namun sangat berguna untuk mengoptimasi blog WordPress. WordPress adalah salah satu CMS SEO-flexible dan terdapat berbagai cara untuk menjadikannya SEO-friendly. Terdapat banyak plugin WordPress gratis yang bisa digunakan. Namun untuk memaksimalkan optimasi dan meningkatkan nilai konten, kamu perlu memperhatikan berbagai detil seperti struktur permalink hingga tindakan yang berhubungan dengan komunitas diluar website.

Panduan ini akan membimbing kamu dan sangat bermanfaat. Selain itu, kontennya juga terus diupdate sesuai dengan versi terbaru WordPress.

 

Apakah Belajar SEO Bermanfaat?

Membuat sebuah website atau blog sederhana adalah skill teknis yang perlu dipelajari di era digital saat ini. Namun itu saja tidak cukup, karena apa gunanya mengerjakan sebuah website yang tidak memiliki pengunjung dan tidak dikenal di social media?

Skill dasar SEO sangat membantu untuk meningkatkan kesempatan sebuah website dikenal dan dikunjungi. 5 website diatas dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk mulai mempelajari ilmu SEO.

 

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari SEO? Jika kamu adalah seorang praktisi SEO, silakan share pengalaman kamu disini.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...