5 Keuntungan Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO semakin populer di kalangan marketing, terutama dengan berkembangnya digital marketing, khususnya online marketing. SEO menjadi sebuah kebutuhan dan kewajiban bagi website yang ingin meningkatkan traffic. Jika website Anda tidak dioptimasi, maka Anda akan memiliki kesulitan untuk mendapatkan traffic atau visit ke website Anda.

Meski begitu, terdapat banyak keunggulan SEO selain untuk meningkatkan traffic website. Berikut ini adalah 5 keunggulan SEO yang patut Anda ketahui:

 

  1. 60% klik dari hasil pencarian berasal dari page pertama
    Organic Search Click Rate

    Semakin tinggi posisi web page Anda di search engine, semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan traffic secara natural. Menurut beragam riset CTR, hasil listing yang berada di ranking pertama Google secara rata-rata akan mendapat 40% dari total klik untuk posisi 20 besar, dan 60% dari pengguna search engine klik pada hasil pencarian yang ada di halaman pertama.
  2. Optimasi SEO yang baik mempengaruhi User Experience (UX)
    SEO & User Experience
    User experience merupakan salah satu faktor penentu ranking halaman web Anda di search engine. Hal ini mencakup beragam hal seperti page load speed, mobile-friendliness, dan relevansi konten. Pada dasarnya, teknik dan praktek SEO bertujuan untuk memberikan user experience yang terbaik. Karena itulah SOE & UX optimization akan semakin sering bersinggungan. Semakin baik UX yang diberikan sebuah website kepada penggunanya, maka Anda akan mendapatkan engagement yang semakin tinggi yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada conversion rate, kredibilitas dan meningkatnya brand loyalty.
  3. Kredibilitas brand
    Di era digital, semakin banyak orang yang mengandalkan search engine seperti Google untuk melakukan riset. Dengan adanya web page Anda di keyword/ kata kunci yang relevan dengan target audience Anda, maka dengan sendirinya akan terbangun karena tingkat kepercayaan kepada Google yang tinggi.
  4. Lead close rate yang lebih tinggi dibandingkan paid
    SEO Lead to customer Rate

    Menurut artikel dari Search Engine Journal, traffic yang berasal dari pencarian organic (SEO) memiliki rata-rata lead close rate sebesar 14,6%. Lebih tinggi dibandingkan lead close rate outbound sebesar 1,7%. Meski hasil ini bisa berbeda untuk berbagai website, namun umumnya close rate untuk SEO dapat lebih tinggi karena pencari tersebut mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhannya. Berbeda dengan teknik outbound/ paid yang mendorong iklan/ pesan ke target audience yang belum tentu memiliki intent.
  5. Cost-efficient
    Pada dasarnya, SEO adalah sebuah investasi. Hasil dari berbagai usaha SEO yang Anda lakukan di website umumnya membutuhkan waktu agar membuahkan hasil. Perbedaannya dibandingkan dengan pencarian berbayar atau paid search, adalah Anda tidak dibatasi oleh jumlah klik dari search engine yang didapatkan secara natural. Dalam praktek paid search, jumlah traffic ke website Anda ditentukan oleh budget marketing. Anda membayar setiap klik yang terjadi ketika iklan Anda muncul di search engine. Apabila budget Anda habis, traffic juga akan berhenti. Sebaliknya dengan SEO. Anda tidak perlu membayar apapun kepada search engine untuk setiap traffic yang didapatkan melalui pencarian secara natural atau organic.

 

Dapatkah Anda melakukan SEO sendiri?

Tentu saja. Pada dasarnya, siapapun dapat menjalankan SEO sendiri untuk websitenya. Anda mungkin perlu mempelajari sejumlah skill tertentu yang dapat membantu optimasi website, seperti teknis website, riset keywords, dan analisa data. Search Engine Optimization adalah teknik marketing yang sangat penting untuk bisnis online, apapun industrinya. SEO memang bukan investasi yang murah, namun akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Saat traffic website meningkat, Anda juga akan melihat faktor lain meningkat di website Anda, seperti engagement dan conversion.

Punya pendapat lain tentang keuntungan SEO untuk bisnis online? Silakan bagikan di kolom komentar.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...