5 Kesalahan Umum SEO yang Harus Dihindari

Saat ini, istilah SEO semakin sering digunakan dan mungkin sebagian dari kamu berpikir SEO adalah sebuah teknik yang rumit. Kamu mungkin sering membaca berbagai panduan SEO yang dapat dengan mudah kamu temukan online melalui search engine. Dengan perkembangan bisnis online saat ini, memiliki keahlian di bidang SEO dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan part time atau freelance dan kamu bisa bekerja dari rumah. Menarik bukan?

Namun sebelumnya, tentu kamu harus mempelajari berbagai hal mengenai SEO terlebih dahulu. Berbagai panduan yang kamu dapat secara gratis di Internet memang akan membantu dalam proses mempelajari SEO, tetapi kamu juga harus memahami dasar-dasar SEO agar jangan malah menjalankan tutorial SEO yang ketinggalan jaman.

Artikel lain : 5 Panduan Belajar SEO Gratis.

Dalam perkembangannya, Trend SEO selalu berubah sehingga kamu akan membutuhkan teknik SEO yang berbeda untuk mengikutinya. Sebagian teknik yang digunakan beberapa tahun lalu bisa jadi kurang efektif atau malah merusak optimasi website kamu.

Berikut ini adalah 5 Kesalahan Umum SEO yang Harus Dihindari :

Kesalahan SEO #1 : Memenuhi Meta-tag dengan Keyword

Keyword Stuffing

Pada tahun ’90-an, praktek “optimasi SEO” bagi sebagian besar webmaster berarti memasukkan keyword yang relevan kedalam meta-tag sebuah halaman website. Berikut ini contoh website yang memasukkan banyak keyword kedalam meta-tag :

Tidak ada yang salah dengan memasukkan keyword kedalam tag tersebut untuk mengidentifikasi konten halaman tersebut, namun menempatkan banyak keyword serupa sehingga mencapai 10-12 kalimat adalah sebuah kesalahan SEO. Hal ini biasa juga disebut keyword stuffing.

Sejak tahun 2009, Google tidak lagi menggunakan meta-keyword sebagai penentu ranking website dikarenakan banyaknya spam yang dilakukan oleh para webmaster. Namun hal ini bukan berarti meta-keyword sama sekali tidak berguna,. Meta keyword masih digunakan untuk menentukan konten yang ada di halaman tersebut, namun bukan faktor yang menentukan ranking website di search engine dan melakukan praktek spamming keyword atau keyword stuffing dapat beresiko menurunkan ranking website.

 

Kesalahan SEO #2 dan 3 : Tidak Menggunakan Keyword di Title dan Permalink

Setting Title dan Permalink

Ketika kamu mengunjungi website mulaniari.com, perhatikan bahwa Title (judul artikel) yang digunakan relevan dengan konten yang ditulis, serta URL (disebut juga permalink) yang digunakan juga sama. Setiap praktisi SEO sudah pasti tahu bahwa Title dan permalink adalah 2 area paling penting dalam melakukan optimasi website.

Title dan permalink tidak harus selalu sama, tetapi keduanya harus berfokus pada keyword yang kamu targetkan dengan artikel yang kamu buat. Jika kamu tidak menggunakan keyword tersebut pada Title dan permalink, maka usaha keras kamu untuk membuat artikel kemungkinan besar akan terbuang percuma. Jika kamu menggunakan WordPress, lakukan pengaturan permalink agar menjadi jelas dan deskriptif seperti berikut :

Setting Permalink WordPress

Jangan pernah mengatur permalink menggunakan system numeric.

 

Kesalahan SEO #4 dan 5 : Menggunakan JavaScript atau Hanya Menggunakan Flash/ AJAX

Bukan berarti kamu tidak boleh membuat design website yang menarik, namun penggunaan script untuk sebagian besar konten website bukanlah langkah yang tepat. Berikut ini contohnya :

Flash website

Website tersebut dibuat menggunakan Flash secara keseluruhan dan diakui oleh sebagian ahli web designer sebagai salah satu website dengan design terbaik, namun website ini tidak dapat bersaing di search engine karena secara virtual tidak memiliki konten untuk di-crawl oleh search engine. Sama halnya dengan website yang menggunakan JavaScript untuk meningkatkan interaksi pengguna, karena website seperti ini tidak dapat dibaca dengan baik oleh search engine.

Pembuat website diatas berusaha menempatkan banyak meta-keyword untuk menaikkan ranking website, namun tentu saja tidak banyak membantu karena Google tidak lagi hanya melihat meta-keyword saja. Website dengan tampilan menarik seperti ini harus memiliki konten HTML agar dapat dioptimasi.

 

Bangun SEO dari Awal Pembuatan Website

Optimasi SEO harus dimulai sejak pertama kali kamu menjalankan langkah pertama dalam membuat website. Bukan berarti website yang sudah berjalan tidak dapat diperbaiki, namun tingkat kesuksesan akan lebih mudah didapat apabila kamu melangkah dengan benar dari pertama. Tips diatas bertujuan agar kamu fokus bagaimana membangun website dan elemen apa yang kamu gunakan untuk membedakan masing-masing halaman web.

Kamu punya tips SEO lainnya? Apakah kamu mengetahui atau pernah melakukan kesalahan SEO umum lainnya? Silakan share di kolom komentar dibawah.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...