5 Hal yang Dilakukan Microsoft untuk Kembali Unggul

Beberapa tahun terakhir, Microsoft sepertinya ketinggalan dibandingkan pesaingnya, Apple. Apple merilis iPad dan pasar tablet berkembang, sementara Microsoft tampak tidak melakukan inovasi berarti. Macan tidur ini akhirnya terbangun dan Microsoft tampaknya tidak hanya berusaha untuk mengejar ketinggalan, melainkan kembali memimpin di bisnis teknologi.

Pasar PC terus menurun dan tahun 2013 adalah tahun terburuk untuk angka penjualan PC. Bahkan Apple mengalami penurunan penjualan di segi PC, sementara iPad dan tablet lainnya terus berkembang. Lalu, apa saja usaha Microsoft untuk kembali bangkit?

 

Windows 8.1

Windows 8.1 adalah perkembangan yang sempurna dari Windows 8 dengan integrasi desktop yang lebih baik, sehingga pengguna awam dapat menggunakan interface dengan lebih mudah, tidak seperti Windows 8 yang membingungkan. Interface baru ini lebih solid dan memiliki banyak dukungan tambahan untuk multitasking. Aplikasi bawaannya sangat berguna dan cocok digunakan pada interface barunya, ditambah lagi Windows Store yang sekarang memiliki jauh lebih banyak konten daripada sebelumnya.

Microsoft ingin bergerak dengan cepat dan sepertinya mereka ingin melakukan update lebih cepat untuk software yang memungkinkan mereka untuk bersaing dengan operasi sistem mobile. Bahkan dilihat dari pendeknya waktu rilis Windows 8 dan Windows 8.1, peningkatan kecepatan ini juga akan terjadi pada sistem operasi Windows, sehingga nantinya mungkin tidak butuh waktu lama bagi Windows untuk merilis sistem operasi baru seperti pada masa Windows XP dan 7.

Microsoft sekarang lebih cepat dan fleksibel, bahkan menerima banyak masukan dari penggunanya dan terkesan lebih ramah.

 

Harga PC

Sebelumnya, laptop dengan dukungan touch screen kurang diminati karena harganya yang mahal. Bahkan banyak pengguna Windows 8 yang tidak menggunakan perangkat dengan dukungan touch screen. Namun sekarang, kamu dapat dengan mudah membeli PC Windows yang mendukung teknologi touch screen dengan harga murah. Contohnya Asus T100 Transformer yang hanya dijual seharga $349, sebuah PC dengan dukungan touch screen.

Asus T100

Harga kompetitif seperti ini memberikan celah bagi Microsoft untuk bersaing dengan iPad. Microsoft memang tidak sepenuhnya bertanggung jawab akan penurunan harga teknologi touch screen, namun mereka dengan cerdas memanfaatkannya dalam promosi dan berbagai iklan yang dirilisnya.

Selain itu, daya tahan baterai PC juga meningkat dan mampu bersaing dengan iPad. Baterai Asus T100 dipromosikan mampu bertahan hingga 11 jam.

 

Office 365

Microsoft Office masih menawarkan Office 2013, namun mereka lebih menginginkan kamu untuk membeli versi online subscription, yaitu Office 365. Kamu akan mendapat akses penuh untuk Office seharga $10/ bulan atau $100/ tahun untuk 5 perangkat PC atau Mac. Kamu bahkan mendapat tambahan penyimpanan sebesar 2GB SkyDrive dan fasilitas telepon Skype gratis untuk beberapa menit.

Microsoft tentunya lebih menginginkan kamu untuk membeli online subscription yang artinya kamu akan terus mendapat update Office terbaru dan tentunya ini adalah cara untuk terus mendapatkan uang dari biaya berlangganan tersebut.

Meski ada beberapa kekurangan, Office 365 cocok bagi kamu yang memiliki lebih dari 1 PC dan digunakan oleh masing-masing anggota keluarga. Selain itu, Office 365 juga membuktikan bahwa Microsoft melakukan perkembangan dalam pelayanan softwarenya.

 

Scroogled

Scroogled

Selain mengembangkan produknya, Microsoft juga menyerang Google dengan campaign iklan “Scroogled”. Microsoft mengingatkan masyarakat bahwa Google menggunakan data pribadi mereka untuk target ads. Hal ini memang benar, dimana bisa dilihat Google semakin agresif dari sisi iklan, namun tentunya tidak seburuk seperti yang digambarkan Microsoft. Iklan Scroogled juga sepertinya tidak berpengaruh banyak terhadap image Google di mata publik dan minat untuk menggunakan layanan serta produk Google.

Meski begitu, campaign Scroogled tetap berlanjut dan kamu bahkan bisa membeli merchandisenya di toko online Microsoft.

 

Akuisisi Divisi Hardware Nokia

Microsoft saat ini sedang dalam proses akuisisi divisi hardware Nokia. Seperti yang bisa kamu lihat saat ini, Nokia adalah vendor satu-satunya yang menggunakan sistem operasi Windows Phone dan secara serius mempromosikannya. Dengan akuisisi ini, Microsoft akan memiliki produsen Windows Phone terbaik saat ini sehingga mereka bisa mengembangkan pengalaman Windows Phone yang lebih baik, sama seperti Apple dapat memberikan kualitas yang lebih baik dengan mengendalikan hardware dan software iPhone.

Membawa masuk produsen Windows Phone terbesar adalah strategi Microsoft untuk mengembangkan pangsa pasar Windows Phone dan saat ini, Windows Phone sudah mampu mengalahkan Blackberry sebagai pemain smartphone terbesar ketiga di tahun 2013.

 

Pencarian CEO Baru

Steve Ballmer

Steve Balmer mengumumkan rencananya untuk meninggalkan Microsoft dan posisi CEO Microsoft akan kosong dalam waktu dekat. Microsoft sedang mencari CEO baru dan orang ini nantinya akan membawa Microsoft menjadi penyedia layanan dan produk terbaik seperti yang diharapkan.

 

Microsoft Sedang Bertransformasi

Microsoft tampak berbeda saat ini. Anggapan mereka sebagai perusahaan yang lambat, ketinggalan jaman dan anti perubahan akhirnya menghilang. Perubahan Microsoft saat ini terjadi dengan sangat cepat sebagai upaya untuk mengalahkan para pesaingnya. Apakah Microsoft mampu mengurangi penurunan penjualan PC, atau menjadikan Windows 8.1 yang terdepan di pasar tablet? Tahun 2014 ini sepertinya akan menjadi tahun yang menarik untuk melihat perkembangan Microsoft.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Recent Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...