5 Game Pemecah Rekor Guinness World Record

Sejumlah rekor dunia yang tercatat di buku Guiness World Records ternyata datang dari dunia game. Game apa saja yang berhasil memecahkan atau membuat rekor? Tentunya sebagian dari kamu pasti mengenal judul-judul game berikut.

 

Grand Theft Auto 5

Grand Theft Auto 5

Bagi kamu para gamer, tentunya sudah sangat mengenal game yang satu ini dan mungkin kamu sudah mengetahui berbagai rekor yang diterimanya. GTA V memecahkan banyak rekor dunia tahun ini, yaitu :

  • Trailer game action-adventure yang paling banyak dilihat.
  • Game action-adventure dengan penjualan tertinggi dalam 24 jam.
  • Game dengan penjualan tertinggi dalam 24 jam.
  • Game dengan keuntungan terbesar dalam 24 jam.
  • Produk entertainment dengan pendapatan terbesar dalam 24 jam.
  • Game tercepat yang mencapai keuntungan sebesar $1 milyar.
  • Produk entertainment tercepat yang mencapai keuntungan sebesar $1 milyar.

Hal yang paling mengesankan adalah bahwa GTA V tidak hanya memecahkan rekor di bidang game saja, tapi juga di bidang entertainment/ hiburan. Penjualan yang cepat merupakan hasil dari tingginya hype yang dihasilkan. Suka atau tidak, tim marketing GTA V benar-benar sukses dalam pekerjaannya.

 

World of Warcraft

World of Warcraft

Tahun depan, World of Warcraft genap berusia 10 tahun dan game ini masih menjadi salah satu game paling populer. Bahkan orang yang tidak pernah main WoW pun setidaknya mengetahui game ini. Meski sudah melewati masa puncaknya dimana beberapa tahun lalu, yaitu ditahun 2010 dimana WoW mencapai angka concurrent subscription sebesar 12 juta orang yang belum bisa ditandingi oleh MMORPG lainnya.

Sekarang ini, angka concurrent subscriptions WoW adalah sekitar 8 juta orang, masih mampu mengalahkan MMORPG lainnya meskipun telah mengalami penurunan sejak tahun 2010.

 

EVE Online

EVE Online

WoW memecahkan rekor concurrent subscriptions, sementara EVE Online memperoleh rekor jumlah concurrent user online terbanyak dalam satu server. Perbedaan antara EVE Online dengan MMORPG lainnya adalah EVE Online hanya memiliki 1 server, yang artinya game ini memiliki 1 komunitas dan dunia online yang sama bagi semua pemainnya.

Pada bulan Mei tahun ini, EVE Online bahkan memecahkan rekor mereka sendiri (dan rekor MMORPG) untuk jumlah pemain yang online saat bersamaan di satu server. Sebanyak 65,303 orang tercatat sebagai pemain yang online bersamaan. Sebagai perbandingan, sebagian besar MMORPG memiliki beberapa server yang membagi pengguna menjadi beberapa ribu CCU (concurrent user) setiap servernya.

 

CityVille

CityVille

Dulu, FarmVille adalah salah satu apps yang mengubah Facebook dari sebuah situs jejaring sosial semata menjadi sebuah situs gaming online. Game ini dibuat oleh Zynga, perusahaan yang dikenal dengan produk game sosial, dimana FarmVille mempelopori genre game simulasi sosial yang kemudian dikembangkan untuk game keduanya, yaitu CityVille.

Pada hari peluncurannya, CityVille mencapai angka 100.000 unique player. Dalam 2 minggu, angka tersebut mencapai 26 juta sehingga game ini memperoleh gelar sebagai game social network dengan perkembangan paling cepat. Dalam 50 hari, CityVille berhasil mencapai angka 61 juta unique player, menjadikannya app Facebook paling populer sepanjang masa.

 

Wii Sports

Wii Sports

Nintendo amat dikenal dengan game Mario Bros dan Super Mario Bros memang sempat menjadi game yang paling banyak dijual dengan angka penjualan mencapai 40,24 juta hingga Nintendo Wii dirilis.

Berapa banyak angka penjualan Wii Sports? Sebanyak 83 juta copy terjual.

Sebagian ada yang berpendapat hal ini terjadi karena penjualan bundling Wii Sports dengan Wii. Meski begitu, ada juga yang menyatakan banyak orang membeli Wii Sports diluar bundling. Bagaimanapun caranya, Wii Sports memegang rekor game dengan penjualan tertinggi.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...