3 Bisnis Online Modal Minim

Ide Bisnis Online

Berapa banyak dari kita yang mendambakan memiliki bisnis sendiri? Bisnis online sekarang ini makin marak dan merupakan salah satu peluang bisnis yang dikejar oleh banyak orang. Koneksi internet yang semakin mudah dan terjangkau juga membuat bisnis online semakin marak dijalani banyak orang. Menariknya lagi, bisnis online bisa dijalankan dimana saja, bahkan dari rumah, hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan komputer.

 

Ada beragam jenis bisnis online modal minim yang bisa kamu jalankan. Tentunya masing-masing punya cara berbeda untuk menjalankannya. Berikut ini adalah 3 ide jenis bisnis buat kamu yang ingin jadi pengusaha online.

Online Shop atau Toko Online

Toko Online

Berjualan melalui online shop sudah bukan menjadi hal baru, dan ini juga semakin mudah kamu lakukan dengan adanya marketplace berkualitas seperti tokopedia atau bukalapak. Kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat website sendiri, mengurus sistem pembayaran dan pengiriman.

Selain lewat marketplace, kamu juga bisa jualan lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram. Namun biasanya hal ini diperlukan effort lebih karena kamu harus terlebih dahulu membangun awareness melalui platform tersebut sebelum dapat memperoleh pelanggan.

Selain itu, faktor keamanan juga lebih terjamin bagi pihak penjual dan pembeli apabila transaksi dilakukan melalui marketplace.
Selain skill berjualan dan negosiasi, skill marketing dan kreativitas juga dibutuhkan agar dapat sukses memiliki online shop. Dengan strategi marketing yang tepat, kamu bukan hanya dapat berjualan barang melalui online shop, tapi juga mungkin dapat menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan pihak lain.

Konsultasi atau Jasa

Freelance Designer

Buat kamu yang punya skill khusus seperti design, digital marketing, dan bahkan menulis, kamu bisa mendapatkan uang melalui online dengan menjual jasa atau keahlian kamu. Freelance atau pekerja lepas juga bukanlah hal baru. Tapi hal ini semakin mudah dilakukan melalui internet.

Situs seperti sribulancer.com, freelancer.com atau iblogmarket.com memudahkan para freelancer untuk mendapatkan pekerjaan dimana saja, tanpa harus meninggalkan rumah.
Sama seperti industri konsultasi/ jasa secara offline, kemampuan negosiasi dan pemahaman pasar juga diperlukan agar dapat bertahan di bidang konsultasi atau jasa.

Pastikan kamu selalu up to date dengan informasi terbaru di bidang kamu dan terus asah skill agar dapat tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Contohnya, seorang designer grafis yang juga memiliki design UI website akan memiliki kesempatan sukses yang lebih besar daripada mereka yang tidak.

Blogging

Blogging

Blogging tetap menjadi salah satu bisnis online modal minim yang menguntungkan. Modal terbesar yang kamu butuhkan adalah waktu dan kesabaran, karena butuh waktu sampai blog kamu memperoleh traffic yang bernilai. Membuat blog juga tidak sulit. Untuk pemula, kamu bisa menggunakan layanan blog gratis seperti blogspot atau wordpress.

Blog dengan konten berkualitas dan traffic yang cukup akan dengan mudah menghasilkan keuntungan bagimu, lewat berbagai cara. Kamu bisa bergabung sebagai publisher dalam ad network seperti AdSense, Taboola, Outbrain, atau menyediakan placement konten advertorial.

Skill wajib jika kamu tertarik untuk memulai bisnis blogging adalah SEO dan creative writing, ditambah dengan analisa data agar kamu dapat meningkatkan traffic website.

 

3 jenis bisnis online diatas adalah yang paling umum dan mudah dilakukan untuk memulai bisnis online. Model bisnis online apapun yang kamu pilih, yang terpenting adalah untuk ingat bahwa tidak ada bisnis yang mudah untuk dilakukan. Tidak ada jalan pintas.

 

Setiap bisnis membutuhkan dedikasi dan usaha dari pebisnis agar dapat sukses. Siapapun dapat melakukan bisnis online, namun mungkin tidak banyak yang bisa sukses dan menghasilkan keuntungan.

The following two tabs change content below.

Share this post:

Related Posts

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...