Blog WordPress

10 Langkah Membuat Blog WordPress

WordPress adalah salah satu platform blogging terbaik yang ada. Selain mudah digunakan, platform ini gratis dan juga memiliki komunitas yang besar sehingga tersedia banyak bantuan dari para pengguna dan developer WordPress.

Jika kamu berencana untuk membuat sebuah website atau blog menggunakan WordPress untuk pertama kalinya, maka ada baiknya kamu mengikuti 10 langkah membuat blog WordPress yang akan membantu kamu memulai membangun pondasi website.

  1. Konten Berkualitas Adalah Strategi Terbaik
    Tidak sedikit orang yang sudah mempromosikan blog mereka bahkan ketika baru saja selesai dibuat. Biasanya, konten yang ada hanya berisi 5 posting dan sebagian besar mungkin hanyalah gambar, repost atau konten lain yang kurang berkualitas.
    Pastikan kamu memiliki setidaknya 10 post berkualitas, namun akan lebih baik jika setidaknya ada 30 post berkualitas. Post berkualitas artinya post atau konten yang berisi minimal 400 kata hasil karya kamu. Jangan pernah melakukan duplikasi konten yang nantinya bakal berpengaruh buruk ke blog kamu.
    Pastikan artikel kamu jelas, menggunakan bahasa yang benar dan tidak ada kesalahan penulisan. Jangan gunakan bahasa atau penulisan yang disingkat karena hal ini akan mengganggu pembaca.
  2. Beli Domain

    Beli domain yang singkat dan unik, atau yang relevan dengan niche blog kamu. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk jangka panjang. Jangan repot-repot berusaha membuat nama domain yang keren kecuali kamu sudah memiliki bisnis model yang solid atau investasi dari pihak tertentu untuk membantu promosi dan yang pasti, jangan gunakan domain gratis .cc. Terdapat berbagai layanan web hosting yang bisa membantu kamu untuk melakukan hal ini.

  3. Bangun Struktur Permalink yang Baik

    Permalink

    Jangan promosikan blog kamu apabila URL kamu masih terlihat berantakan seperti berikut : namadomain.com/blog?id=1324.
    Perbaiki hal ini dengan melakukan pengaturan permalink di menu Settings > Permalink. Gunakan permalink yang sederhana, seperti : namadomain.com/judul-artikel.

  4. Ubah Tagline
    Just Another WordPress Blog

    Secara default, WordPress menggunakan tagline “Just Another WordPress Blog” pada judul theme blog. Ubah tagline untuk website atau blog kamu melalui menu Settings > General. Gunakan tagline yang menarik dan relevan dengan konten blog kamu.
    Selain terpampang secara jelas di bagian atas website, tagline juga seringkali digunakan sebagai meta-title untuk homepage yang akan terlihat di halaman hasil pencarian Google Search.

  5. Pasang Google Analytic

    Google Analytic

    Google Analytic memberikan laporan traffic untuk website kamu secara gratis. Lalu, apa gunanya jika website atau blog kamu belum memiliki traffic?
    Pertama, sebagai motivasi. Jika kamu feedback yang memberikan data jelas mengenai perkembangan traffic, maka kamu akan terpacu untuk terus berkembang. Jangan menunggu hingga kamu memiliki traffic, dapatkan feedback segera.
    Alasan kedua adalah untuk mengetahui seberapa populer blog yang kamu buat, keyword apa yang mendatangkan traffic dan membuat penyesuaian berdasarkan data tersebut. Jangan terlalu terpaku pada angka, namun jika data menunjukkan pengunjung kamu datang ke suatu topik namun tidak lama meninggalkan website, maka kamu bisa coba menulis post dengan topik yang sama namun dibuat lebih menarik atau lebih detail dan lengkap.

  6. Plugin Google Sitemap

    Penggunaan plugin yang membantu Google untuk index blog kamu tentunya akan bermanfaat. Dengan sitemap generator, maka sitemap akan di-update secara otomatis setiap kali kamu posting.

  7. Webmaster Tools

    Webmaster Tools

    WMT adalah tools yang gratis dan sangat berguna dari Google. Sejumlah fitur yang dimilikinya antara lain submit sitemap untuk di-index Google. WMT juga mengawasi apabila ada error 404 dan memberikan peringatan apabila ada masalah keamanan atau malware.

  8. SEO Friendly Images
    SEO Friendly Images Plugin

    Pencarian gambar sekarang ini tidak bisa diremehkan. Secara sederhana, plugin ini akan menambahkan tag ALT dan TITLE pada image/ gambar yang kamu miliki di blog. Tentu saja WordPress image uploader juga memiliki fitur ini, namun harus dilakukan secara manual. Plugin ini akan membantu kamu mendapat traffic organic dari Google Image Search.

  9. Gabung Forum

    Temukan forum yang berhubungan dengan niche blog kamu dan bergabung dengan komunitasnya. Perkenalkan dirimu ke komunitas dan buat nama kamu dikenal dengan memberikan konten berkualitas, membantu menyelesaikan masalah orang lain atau sekadar berkomentar singkat di thread.
    Sertakan link ke website kamu di signature forum. Pastikan keberadaan kamu di forum tersebut berharga dan tidak dianggap hanya sebagai spammer.

  10. Social Network

    Pastikan untuk mengumumkan post kamu di social network seperti Facebook, Twitter, Google+. Namun berhati-hatilah untuk tidak mempromosikan setiap posting yang kamu buat. Pilih 1 atau 2 post terbaik setiap harinya sehingga kamu tidak dianggap melakukan promosi berlebihan yang mengganggu bagi sebagian orang.

Nah, itulah 10 langkah awal membuat blog WordPress. Punya tips lainnya? Silakan share disini.

The following two tabs change content below.
Baca Juga  5 Hosting Website Gratis Selain WordPress
Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...